Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Nasional Diawasi CCTV

Kompas.com - 18/04/2011, 13:27 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Pelaksanaan ujian nasional peserta tingkat SMA dan sederajat se-Makassar, yang diikuti 19.857 siswa, berjalan dengan pengawasan ketat. Di SMA Negeri 1 Makassar, pengawas menyita ponsel siswa dan memasang sejumlah kamera pemantau atau CCTV di ruang ujian dan beberapa titik strategis. Tujuannya, mengantisipasi kemungkinan terjadi kecurangan dalam pelaksanaan UN.

Sebelum siswa masuk, sejumlah pengawas telah menyita ponsel siswa. Pengawas juga memeriksa tas para siswa. Setelah dinyatakan steril, siswa diperbolehkan masuk sesuai dengan urutan ujiannya. Mereka juga terpantau sejumlah CCTV yang dipasang di beberapa lokasi.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Makassar H Sakaruddin, dengan adanya CCTV, siswa yang berniat melakukan kecurangan akan berpikir dua kali. "Kita andalkan CCTV untuk menjaga kemurnian UN. Makanya, kami sita HP dan CCTV ditaruh tak hanya di ruangan, tetapi di luar ruangan," kata Sakaruddin.

Siswa di SMA Negeri 1 yang mengikuti ujian sebanyak 1.266 siswa. Hari pertama siswa akan menghadapi ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, dan Sosiologi IPS. Sejauh ini belum ada yang kedapatan berbuat curang dan tertangkap pengawas maupun CCTV.

Secara total ada 19.857 siswa ikut UN di Makassar. Jumlah ini terdiri dari 10.306 siswa dari 110 SMA negeri dan swasta, 1.402 siswa dari 25 madrasah aliyah , 44 siswa dari sekolah luar biasa (SLB), dan 8.465 siswa dari 85 SMK negeri dan swasta.

Sedangkan jumlah pengawas ada 2.186 orang yang ditempatkan menggunakan sistem silang dari sekolah penyelenggara ujian yang berbeda. Dengan sistem silang, diharapkan tidak ada guru yang memberikan bantuan penyelesaian soal kepada peserta ujian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com