Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Timika Perdalam di Surya Institut

Kompas.com - 18/04/2011, 16:45 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com — Sejumlah siswa Timika, Papua, selama empat bulan terakhir memperdalam ilmu di bidang sains di Surya Institut Karawaci Jawa Barat sebagai bekal menghadapi ajang lomba Olimpiade Sains tingkat Provinsi Papua dalam waktu dekat.

Kepala SMA Negeri 1 Timika, Matheus Mamo di Timika, Senin (18/4/2011), mengatakan, ada dua siswa dari kelas 10 SMA Negeri 1, yakni Theresia Klorida W Ayomi dan Handri Takimai.

"Mereka sudah empat bulan berada di Surya Institut untuk persiapan menghadapi lomba Olimpiade Sains tingkat Provinsi Papua," kata Mamo.

Prestasi yang ditorehkan Theresia dan Handri tersebut sangat membanggakan SMAN 1 Timika dan terutama orangtua murid.

"Tentu kami semua bangga karena mereka berdua terpilih mewakili Mimika untuk dilatih di Surya Institut. Kami berharap hal ini dapat memotivasi siswa yang lain untuk mencetak prestasi yang lebih tinggi," kata Mamo.

Namun, secara keseluruhan, Mimika mengirim tiga siswa ke Surya Institut Karawaci untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi lomba Olimpiade Sains tingkat SMA se-Provinsi Papua yang akan digelar awal Juni mendatang.

Selain kedua siswa dari SMA Negeri 1 Timika tersebut, salah seorang peserta berasal dari SMA Advent Timika.

Selain mengirim siswa SMA, tahun ini Kabupaten Mimika juga mengirim empat siswa SD untuk dibina oleh Surya Institut Karawaci guna persiapan menghadapi ajang lomba olimpiade sains internasional.

Pengiriman empat siswa SD tersebut ke Surya Institut tidak lepas dari dukungan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Emanuel Kemong, mengatakan, empat siswa SD tersebut merupakan anak-anak asli suku Amungme dan Kamoro yang berasal dari SD YPPK Tipuka, SDI Ayuka, SDI Limau Asri-SP5, dan SDI Kwamki II Kwamki Baru Timika.

Menurut Emanuel, LPMAK terus berupaya mendukung perbaikan mutu pendidikan dasar di Mimika melalui perbaikan sarana gedung sekolah, ruang belajar, rumah guru, pengadaan buku-buku, dan pelatihan guru-guru bahkan mendirikan sekolah bekerja sama dengan lembaga terkait yang profesional di bidangnya.

Bahkan ke depan LPMAK berencana membuka sebuah sekolah hingga lembaga perguruan tinggi di Timika bekerja sama dengan Universitas Cenderawasih dan USTJ Jayapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com