Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekrut NII Pria Gagah, Wanita Menarik

Kompas.com - 27/04/2011, 15:43 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sedikitnya 30 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, diduga masuk jaringan Negara Islam Indonesia (NII), kata Uki Dwi Putranto, seorang konselor di perguruan tinggi tersebut.

"Sejak tahun 2009 lalu, setidaknya ada 43 mahasiswa Unsoed yang telah masuk jaringan NII tetapi mereka selanjutnya melakukan konseling dan telah keluar dari jaringan tersebut. Saat sekarang, setidaknya ada 30 mahasiswa yang didiuga kuat sudah masuk jaringan NII," kata dia kepada wartawan, di Purwoketo, Rabu (27/4/2011).

Uki Dwi Putranto adalah dosen Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto yang memberikan konseling bagi para mahasiswa perguruan yang diketahui masuk ke dalam jaringan NII.

Menurut dia, sejumlah dosen Unsoed bersama aktivis keagamaan telah membentuk semacam tim pemantau dan konseling untuk menangani para mahasiswa yang diketahui terlibat dalam jaringan NII.

Ia mengatakan, mahasiswa yang mulai terpengaruh gerakan NII biasanya akan mengalami penurunan prestasi akademik secara drastis. Selain itu, kata dia, mahasiswa juga jarang mengikuti kegiatan perkuliahan atau organisasi di kampus. "Setelah itu, mahasiswa tersebut akan menghilang dalam waktu yang lama," katanya.

Terkait hal itu, dia mengatakan, Unsoed seharusnya segera membentuk tim konseling agar mahasiswa tidak menjadi korban paham NII. Dalam hal ini, kata dia, tim konseling dapat mulai bekerja sejak masa orientasi pengenalan kampus (ospek).

"Hal ini disebabkan, berdasarkan pemantauan kami selama dua tahun lebih, sebagian besar mahasiswa yang menjadi korban paham NII adalah mahasiswa semester awal," katanya.

Ia mengatakan, masa-masa di awal semester paling rentan dimasuki paham NII karena mahasiswa tersebut masih baru dan membutuhkan teman untuk mencurahkan perasaan (curhat).

Dengan demikian, kata dia, upaya menangkal paham NII harus dimulai sejak awal masuk kuliah, yakni pada saat ospek. "Kami telah mengusulkan agar Unsoed membentuk tim konseling sebagai tahap awal untuk menangkal paham NII, tidak perlu ada lembaga (konseling) dulu," katanya.

Menurut dia, upaya perekrutan anggota jaringan NII masih terus berlangsung dan selalu menggunakan jargon-jargon paling populer saat ini, misalnya "Khilafiyah Islamiyah", ekonomi liberal, dan revolusi.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com