Mahasiswa Semakin Perlu Mendalami HaKI

Kompas.com - 05/05/2011, 14:21 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemahaman tentang Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) perlu diberikan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa. Pendidikan tentang HaKI diperlukan sebagai upaya membentuk kualitas pribadi dan karakter yang baik agar terbiasa menghargai hak-hak orang lain.

Demikian dikemukakan praktisi HaKI dari Business Software Alliance (BSA), Donny A Sheyoputra, dalam talk show bertajuk "Pemanfaatan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) melalui Pemuda", Kamis (5/5/2011), di Universitas Esa Unggul, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Donny mengatakan, civitas akademika perlu lebih dalam lagi memanfaatkan HaKI demi kesejahteraan bersama. Terutama kepada mahasiswa, dengan terbiasa menghargai hak-hak orang lain mereka akan punya semangat tinggi untuk berkreasi dan berinovasi yang nantinya bermanfaat bagi kemajuan negara.

"Melalui pendidikan HaKI kaum muda dapat belajar memahami hak-hak yang dimilikinya apabila mampu menghasilkan suatu karya sebagai wujud olah pikir intelektualnya sehingga karyanya tersebut dapat dimanfaatkan bagi diri sendiri dan masyarakat luas," kata Donny.

Di berbagai negara, pendidikan dan pemahaman mengenai HaKI telah ditanamkan sejak dini kepada para generasi mudanya. Hal tersebut bertujuan agar terbentuk karakter "tidak mencuri" hak orang lain sejak masa kanak-kanak. Dengan demikian, lanjut Donny, generasi muda justru ditantang untuk berkompetisi secara sehat dan memanfaatkan intelektualitasnya agar tercipta berbagai karya yang berguna bagi bangsa dan negara.

"Cara paling efektif untuk lingkungan mahasiswa adalah melalui pemberian mata kuliah HaKI sebagai mata kuliah khusus. Namun, akan lebih efektif bila pihak universitas membentuk sentra-sentra HaKI yang memberikan pelayanan bagi mahasiswa kreatif untuk mendaftarkan karya-karyanya agar mendapat perlindungan hukum dari negara," tambah Donny.

Donny mengatakan, masalah HaKI di Indonesia sudah mulai tumbuh walaupun secara keseluruhan kesadaran itu dinilai masih kurang tinggi. Pelanggaran HaKI masih terus terjadi dan mudah ditemukan di depan mata.

Untuk itu, lanjut Donny, dengan adanya pemahaman yang benar sejak dini, diharapkan para generasi muda dapat mengambil manfaatnya. HaKI sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat luas, dan pemahaman itu dapat dimulai dari lingkungan kita masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.