Ayo! Ada 2.000 Beasiswa di UMM

Kompas.com - 27/05/2011, 13:11 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MALANG, KOMPAS.com - Terobosan mengembirakan datang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur. Pada penerimaan mahasiswa baru (Maba) untuk 2011, mereka siap memberikan jatah beasiswa kepada 2.000 orang.

Kabar gembira tersebut disampaikan Kepala bagian Humas UMM Nasrullah, kepada Kompas.com, Jumat (27/5/2011) saat dihubungi melalui ponselnya. "Untuk tahun ini UMM membuka beasiswa kepada 2.000 lebih calon mahasiswa baru," katanya.

Angka yang fantastis tersebut sudah termasuk seluruh jalur beasiswa. "Di UMM hingga saat ini, sudah ada 200 jalur beasiswa. Misalnya, jalur prestasi, jalur Djarum Foundation dan banyak lagi jalur lainnya," jelasnya.

"Dari BNI itu memberikan jatah sebanyak 10 orang setiap tahunnya. per semesternya senilai Rp 1,5 juta masing-masing mahasiswa," katanya.

Selain beasiswa tersebut, UMM juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa hingga selesai. "Beasiswa itu diberikan khusus kepada kader Muhammadiyah, siswa berprestasi ditiap semesternya, dan mahasiswa dari keluarga miskin," terangnya.

Yang paling bergengsi, kata Nasrullah, beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa kuliah ke luar negeri. "Ini hasil kerjasama dengan Komisi Uni Eropa. Beasiswa itu hanya akan diberikan kepada 50 mahasiswa yang berprestasi dan lulus seleksi," katanya.

Ditanya kapan beasiswa tersebut mulai dibuka? Menurut Nasrullah, sejak Ujian Nasional untuk siswa SMA dan sederajat usai, UMM sudah membuka kesempatan tersebut. "Namun, biasanya sudah mulai banyak pendaftarnya kalau sudah selesai tes SNMPTN. Ini adalah kesempatan emas bagi calon mahasiwa yang berprestasi dan calon mahasiswa yang dari keluarga kurang mampu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.