Pelajar Diikutkan Pesantren Kilat Nasional

Kompas.com - 01/08/2011, 11:47 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Suryadharma Ali dijadwalkan meluncurkan Gebyar Ramadhan pada 1 Ramadhan 1431 H di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Muttaqien, Bogor, Senin (1/8/2011) sore nanti. Diharapkan, kegiatan yang mengangkat tema "Gebyar Ramadhan in Love" (Gril) tersebut dapat mendorong lembaga pendidikan untuk lebih memakmurkan bulan suci ini dengan kegiatan Islami. Demikian keterangan yang diperoleh di Kementerian Agama, Senin (1/8/2011), seperti dikutip dari Antara.

Kementerian Agama juga meluncurkan program pesantren kilat tingkat provinsi dan nasional dan pesantren kilat tingkat unit/satuan pendidikan  5-17 Ramadhan 1432 H. Sasaran peserta pesantren kilat adalah para siswa madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, siswa SMP dan SMA, termasuk dari kalangan mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi.

Kegiatan pesanteren kilat, seperti pernah diungkapkan Menag di berbagai kesempatan, bermaksud membendung radikalisme dan paham kebebasan tanpa batas yang belakangan ini mulai marak di Tanah Air. Selain itu, dapat memberikan pemahaman agama kepada generasi muda.

"Kegiatan pesantren kilat memiliki nilai positif bagi generasi muda," kata Menag Suryadharma Ali.

Sementara itu siaran pers yang dikeluarkan Ditjen Pendidikan Islam menyebutkan, program pesantren kilat diharapkan dapat mendorong unit pelaksana teknis pendidikan untuk memakmurkan Ramadhan melalui kegiatan Islami.

"Selain itu, tak kalah penting, meningkatkan budaya kerja berbasiskan nilai nilai Islam dan spirit bulan suci Ramadhan," kata Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali.

Kegiatan pesantren kilat tingkat nasional akan digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Sedangkan pesantren kilat tingkat provinsi mengambil di lima titik, yaitu Bali, Bandung, DKI jakarta, Banten dan Cirebon. Untuk pesantren kilat tingkat unit dilaksanakan di pondok pesantren, madrasah, dan perguruan tinggi Agama Islam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.