Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Jerman Kerja Sama Penelitian Kehutanan

Kompas.com - 06/12/2011, 09:48 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Institut Pertanian Bogor  bersama dua universitas di Indonesia membangun kerja sama penelitian kehutanan dengan Universitas Goettingen, Jerman. Hal itu diungkapkan Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, Senin (5/12/2011), di Bogor, Jawa Barat, dalam konferensi internasional "Memperkuat Sains dan Teknologi Kehutanan untuk Pembangunan Kehutanan yang Lebih Baik".

"Bersama Universitas Goettingen, IPB (Institut Pertanian Bogor) sedang mengerjakan satu proyek kerja sama penelitian baru di bawah skema CRC 990 berjudul Fungsi ekologi dan sosial ekonomi sistem transformasi hutan hujan tropis dataran rendah (Sumatera) di Jambi," kata Herry.

Proyek penelitian itu telah mendapatkan persetujuan pendanaan dari Yayasan Penelitian Jerman (GRF) selama empat tahun, 2012-2016.

"Inisiatif kerja sama riset Universitas Goettingen (Jerman) dan konsorsium Indonesia yang melibatkan IPB, Universitas Jambi, dan Universitas Tadulako, Palu, ini merupakan kemitraan penelitian besar yang terdiri atas 25 sub-proyek," kata Herry.

Selain itu, tengah digodok pula kerja sama internasional untuk mengembangkan program konservasi Siberut di Pulau Siberut, Sumatera Barat. Kerja sama ini, lanjut Herry, difokuskan pada konservasi keanekaragaman hayati dan pemanfaatan lahan pertanian dan kehutanan secara berkesinambungan.

"Konferensi ini merupakan bagian dari upaya IPB memperkuat kerja sama risetnya di bidang pengelolaan hutan dan konservasi keanekaragaman hayati," katanya, di hadapan peneliti dan akademisi Jerman dan Indonesia yang menjadi peserta konferensi.

Konferensi ini diharapkan dapat membantu pihaknya menfasilitasi pertukaran pengetahuan tentang kehutanan di antara para peneliti, dosen, ilmuwan dan praktisi, serta mendukung kegiatan kerja sama riset di antara para peneliti dari  beragam institusi.

"Bagi IPB, sangatlah penting membangun kemitraan dengan pusat penelitian ternama seperti FORDA (Badan Pembangunan dan Penelitian Kehutanan) dan IUFRO (Uni Organisasi Penelitian Kehutanan Internasional) untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dan penelitiannya," katanya.

Konferensi yang berlangsung hingga 7 Desember 2011 ini diselenggarakan IPB bersama FORDA, Kementerian Kehutanan, Forum Pengembangan dan Penelitian Kehutanan (FORDEF), dan Jaringan Kehutanan Alumni Jerman (GAForN).  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com