Kebab Berbasis Ikan? Mahasiswa IPB Membuatnya!

Kompas.com - 09/12/2011, 10:34 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

BOGOR, KOMPAS.com - Lazimnya, kebab diolah dari daging sapi atau jenis daging lainnya. Pernah dengar ada kebab berbasis ikan?

Tim mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor membuat inovasi makanan kebab berbasis ikan. Ikan yang digunakan adalah sumber daya lokal, jenis ikan tongkol (Euthynnus affinis).

Tim mahasiswa yang membuat inovasi kebab ini diketuai Larasati Anggraini, bersama rekan-rekannya Suci Ariyanti, Lutfhan Hadhi P, Haruni Aini, dan Muhammad Rifqi.

Kebab itu dibuat dengan tujuan memanfaatkan potensi dan meningkatkan nilai jual ikan tongkol menjadi makanan cepat saji yang bergizi. Selain itu, menghasilkan produk kebab baru yang dapat diterima oleh pasar dan menyajikan sebagai alternatif sumber protein hewani yang lebih sehat dan ekonomis.

"Untuk meningkatkan minat masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi ikan, perlu adanya inovasi produk olahan ikan yang sesuai dengan perubahan gaya hidup manusia masa kini yang serba praktis. Bergerak dari permasalahan tersebut.  Kebab Caprio memberikan solusi serta memanfaatkan peluang pasar yang memiliki prospek positif di masa depan," kata Larasati, di Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/12/2011).

Ia mengungkapkan, jumlah produksi ikan di Indonesia yang tidak sebanding dengan tingkat konsumsi ikan di masyarakat merupakan permasalahan yang belum terpecahkan. Selain itu, rendahnya tingkat pengetahuan gizi ikan dan terbatasnya keterampilan mengolah hasil perikanan juga membuat daya tarik masyarakat dalam mengkonsumsi ikan berkurang.

Kelebihan kebab ikan

Larasati menjelaskan, kelebihan dari produk ini adalah penggunaan daging ikan tongkol yang lebih sehat karena rendah lemak, rendah kolesterol, dan kaya omega 3.
Harganya juga terhitung lebih ekonomis sebagai subtitusi daging sapi atau kambing sebagai isi kebab.

Pemilihan ikan tongkol, kata dia, karena ikan tongkol adalah salah satu ikan di Indonesia yang sangat berpotensi untuk terus dikembangkan. Dari sisi kandungannya, ikan jenis ini memiliki kandungan, antara lain, Omega 3 (EPA dan DHA)  yang berguna dalam proses perkembangan dan meningkatkan kecerdasan.
Pada ikan tongkol juga terkandung magnesium untuk memperkuat tulang dan otot, zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin, yodium yang dapat mencegah sakit gondok dan IQ rendah, seng untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka.

Tidak hanya membuat inovasi produk, Larasati dan tim langsung memasarkannya dengan menyediakan tiga varian rasa yang khas, yakni "Tropical Fruit Kebab", "Curry Sauce Kebab" dan "Original Fish Kebab".

Kebab ikan rasa "tropical fruit" terdiri atas roti kebab dengan isi daging ikan gurih dipadu dengan potongan buah-buahan tropis asam yang eksotis.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.