Nuh: Jangan Menunggu, Sekolah Harus Aktif!

Kompas.com - 14/12/2011, 09:01 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh merespons sikap pesimistis publik atas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Ia menegaskan, mulai tahun 2012, sekolah harus berpartisipasi aktif dalam pengelolaan dana BOS.

Partisipasi aktif sekolah, kata Nuh, dapat menekan kecurigaan yang berlebihan dan membangun optimisme semua pihak jika bantuan operasional sekolah (BOS) pada masa yang akan datang dapat tersalur dengan lebih baik, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat penggunaan.

Untuk itu, kata dia, sudah selaiknya semua sekolah membuat dan menyebarluaskan surat pertanggungjawaban pengelolaan dana BOS kepada semua pihak yang bersangkutan, baik itu orangtua siswa, komite sekolah, maupun badan pengawas.

"Sekolah harus berpartisipasi aktif. Jangan nunggu ditanya baru dikasih tahu. Pajang surat pertanggungjawaban di papan pengumuman agar semua bisa tahu, atau jika perlu bagikan ke masing-masing orangtua siswa," kata Nuh, Selasa (13/12/2011) malam, seusai memberikan arahan pada acara sosialisasi BOS di Twin Plaza Hotel, Jakarta.

Pada 2012, mekanisme penyaluran dana BOS dari pemerintah pusat disalurkan ke pemerintah provinsi, kemudian ke sekolah-sekolah. Penyaluran dana BOS ke provinsi tersebut dengan menggunakan meknisme hibah. Mekanisme ini diharapkan akan mempercepat penyaluran dana BOS ke sekolah-sekolah.

Nuh berjanji, penyaluran dana BOS untuk triwulan pertama tahun 2012 akan selesai pada 9-16 Januari 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.