Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tionghoa Mulai Datangi Wihara Dhanagun

Kompas.com - 23/01/2012, 00:08 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Wihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/1/2012) malam, mulai dipadati warga keturunan Tionghoa yang ingin beribadah menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2563.

Warga mulai berdatangan sejak pukul 19.00 WIB. Mereka menggelar ritual sembahyang kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Malam ini digelar sembahyang Imlek, yakni menyembah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ungkapan syukur dan meminta keberkahan di tahun baru," kata Candra, salah satu pengurus Wihara Dhanagun, Minggu.

Candra mengatakan, ibadah akan berlangsung hingga pukul 00.00 WIB saat pergantian tahun berlangsung. Selain menggelar ibadah sembahyang, juga dilakukan pembakaran lilin Imlek.

Terdapat sebanyak 100 pasang lilin bewarna merah yang di pajang di depan wihara. Lilin-lilin tersebut, lanjut Candra, dibakar mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

"Lilin ini bermakna sebagai pelita bagi umat. Dengan pembakaran lilin ini diharapkan pada tahun Naga Air ini diberikan penerangan," kata Candra.

Lilin-lilin merupakan derma dari umat, yang dibakar sendiri oleh umat setelah melaksanakan sembahyang. Menyambut datangnya Tahun Baru Imlek, warga Tionghoa berharap tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Semoga tahun ini lebih baik, umat di dunia diberikan berkah dan kedamaian," kata Dani, salah satu umat Wihara Dhanagun.

Sementara itu, di Wihara Dhangun, selain umat, sejumlah pengemis juga banyak menunggu di depan gerbang mengharapkan derma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com