IPB: Yang Diterima Hanya yang Lulus UN

Kompas.com - 24/01/2012, 16:07 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB) Yoni Koesmaryono mengatakan, IPB akan menggunakan hasil Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu syarat masuk di universitas tersebut. Menurutnya, hal ini untuk menepis kekhawatiran bahwa nilai rapor siswa tidak kompatibel. Terutama, bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan.

Seperti diketahui, untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) para calon mahasiswa sebelumnya harus lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Adapun, seleksi nasional itu dibagi dalam dua jalur, yaitu jalur undangan dan jalur ujian tertulis.

Jalur undangan hanya diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki nilai akademik (rapor) di atas rata-rata. Buntutnya, kata Yoni, pihak sekolah akhirnya "membantu mendongkrak" nilai rapor beberapa siswa-siswinya.

Oleh karena itu, IPB selalu mengakumulasikan nilai UN dengan nilai rapor. Menurut Yoni, nilai rapor seharusnya berbanding lurus dengan hasil UN.

"Dari dulu IPB sudah mensyaratkan UN harus lulus. Karena ada siswa yang rapornya bagus, tapi UN-nya anjlok. Kami khawatir hasil rapor itu tidak kompatibel," kata Yoni, Selasa (24/1/2012), di Hotel Kempinski, Jakarta.

Di jenjang SMA, kata dia, ada semacam "rekayasa" pengisian rapor. Para siswa bisa "memesan" kemana mereka akan melanjutkan pendidikan nanti. Yoni melanjutkan, IPB tidak akan menerima siswa yang tidak lulus UN.

"Jadi dari kelas 1 nilainya itu sudah bagus terus agar dapat jalur undangan, tapi anjlok pas UN," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.