Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Maju Jaya Masuk Jurang di Sumedang, 9 Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 01/02/2012, 19:18 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebuah bus Maju Jaya jatuh ke dalam jurang di Desa dan Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Rabu (1/2/2012) petang. Belum didapatkan data yang pasti mengenai jumlah korban meski kepolisian mengeluarkan data sementara bahwa ada sembilan orang yang meninggal akibat kejadian ini.

Menurut keterangan yang dihimpun Kompas, bus datang dari arah Tasikmalaya menuju pusat kota di Sumedang melintasi jalur yang berdampingan dengan jurang sedalam 10 meter. Sewaktu menapaki turunan tajam, diduga rem bus blong sehingga kehilangan kendali. Bus sempat menabrak truk yang berada di depannya dan oleng akhirnya masuk ke dalam jurang.

Kapolres Sumedang Ajun Komisaris Besar Arman Achdiat mengungkapkan,  bahwa untuk sementara ada sembilan orang meninggal dunia akibat kejadian tersebut. "Kami masih berupaya untuk mengeluarkan korban dari bus yang ada di dasar jurang," ujar Arman sewaktu dihubungi melalui telepon.

Dia menggambarkan bahwa bus dalam kondisi rusak parah karena terjun ke dalam jurang sedalam 10 meter. Kecelakaan tersebut juga diperkirakan tidak melibatkan kendaraan lain mengingat jalur tersebut terbilang sepi. Untuk menuju pusat kota Sumedang membutuhkan waktu 30 menit, sementara ke Tasikmalaya membutuhkan waktu 45 menit. Daerah kecelakaan tersebut merupakan perbatasan antara Sumedang-Garut.

Untuk saat ini Arman belum bisa mengungkapkan data pasti mengenai korban jiwa akibat kejadian tersebut. Yang pasti, korban dilarikan ke Puskesmas Darmaraja dan sebagian lagi ke RSUD Sumedang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com