Peluang ke Jepang untuk Pelajar dan Guru di Aceh

Kompas.com - 08/03/2012, 06:13 WIB
|
EditorKistyarini

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Perhimpunan Alumni dari Jepang Daerah Aceh (Persada Aceh) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia membuka kesempatan bagi mahasiswa dan guru di Aceh untuk mengikuti program beasiswa ke Jepang.

Beasiswa diberikan kepada para pelajar dan guru yang berasal dari Aceh (Indonesia) termasuk di dalamnya beasiswa program untuk melanjutkan pendidikan diploma 3 (D3), sarjana (S1), pascasarjana (S2) dan doktoral (S3) di Jepang, Pelatihan guru, pertukaran pelajar (SMU) dan pertukaran mahasiswa.

Humas Persada Aceh, Dr. Muliadi Ramli, M.Si  mengatakan program beasiswa ini juga merupakan kerjasama Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Japan Student Services Organization (JASSO). "Sosialisasinya dilakukan pekan depan, presentasinya akan disampaikan langsung oleh perwakilan resmi dari kedutaan besar Jepang di Jakarta, dengan adanya sosialisasi ini para penerima beasiswa bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin," kata Muliadi, Rabu (7/3/2012)

Persada Aceh juga akan menggelar festival kebudayaan Jepang (Bunkasai) yang akan diisi oleh Japan Student Services Organization (JASSO) dari Tokyo. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang tata cara melanjutkan pendidikan ke Jepang, kehidupan di Jepang dan memberikan berbagai informasi jenis beasiswa yang disediakan baik oleh Pemerintah Jepang maupun pihak swasta di Jepang bagi para pelajar dan guru yang berasal dari Aceh.

Dalam festival ini juga akan ditampilkan berbagai kegiatan terkait budaya dan masyarakat Jepang di antaranya, pameran benda seni Jepang, foto yukata (kimono musim panas), pameran bonsai dan suiseki, film Jepang, demo masakan dan bazar makanan-minuman Jepang, lomba mewarnai dan antraksi kesenian Jepang di antaranya aikido, aneka tarian dan paduan suara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.