Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengidap Hepatitis, Satu Siswa Mundur dari UN

Kompas.com - 26/04/2012, 15:06 WIB
Ayu Rahayu Elfitri

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Pelaksanaan ujian nasional (UN) di beberapa sekolah di Depok berjalan lancar. Namun sayangnya, ada seorang siswa di SMP PGRI Depok Jaya yang tidak dapat melaksanakan UN dikarenakan sakit.

Kepala sekolah SMP PGRI Depok Jaya, Darjatul Aliyah, mengatakan siswa tersebut tidak mengikuti UN karena mengidap Hepatitis B. Menurut dia, sejak semester satu kondisi tubuh siswa yang bersangkutan sangat lemah. Terakhir kali, siswa tersebut masuk sekolah saat mengikuti try out UN. Saat pihak sekolah menemui siswa itu, dipastikan ia mundur dari UN tahun ini.

"Namanya R, ia memang sering sakit-sakitan," papar Darjatul ketika ditemui di sekolahnya, Depok, Kamis (26/4/2012).

Siswa tersebut, lanjut Darjatul, tidak akan mengikuti ujian susulan karena memang dari pihak dirinya sendiri yang tidak mau.

"Kita sudah berbicara kepada orangtuanya dan sudah kami bujuk, tapi anaknya sendiri yang memang tidak mau mengikuti UN tahun ini," kata Darjatul.

Selain itu, karena kondisi fisiknya tidak memungkinkan mengikuti UN, daya pikir R juga lemah. Hal tersebut terlihat dari usianya yang seharusnya sudah menginjak SMA.

"Umur dia sudah 17 tahun, seharusnya sudah SMA. Mungkin, karena memang pola pikirnya yang lemah, jadi tidak semangat lagi ikut UN," jelasnya.

Saat ini, kata Darjatul, pihak sekolah sudah membuatkan surat pernyataan bahwa R tidak mengikuti UN. Surat itu juga sudah diberikan kepada pihak dinas pendidikan yang melakukan pengawasan hari ini.

Sementara itu, dua teman sekelas R, Lusiana dan Dina, mengaku sangat sedih atas penyakit yang menimpa temannya itu.

"Tentu kami sangat sedih. Dia anaknya sangat baik, sayang sekali harus gugur sebelum ikut UN karena sakit," kata Lusiana, ditemui selepas mengikuti UN.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com