Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hardiknas, Buruh Gendong Baca Buku Bersama

Kompas.com - 02/05/2012, 14:33 WIB

Kompas.com - Puluhan orang buruh gendong di Pasar Legi  Solo, Jawa Tengah, ikut merayakan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2012 dengan membaca buku di mobil perpustakaan milik Pemerintah Kota Surakarta, Rabu.
     
Para buruh gendong yang sebagian besar ibu-ibu berusia di atas 35 tahun tersebut menyambut antusias kedatangan tiga mobil perpustakaan keliling milik Pemkot Surakarta yang diparkir di kawasan Pasar Legi. Sambil menunggu para pelanggannya berbelanja di Pasar Legi, mereka  memilih-milih buku yang disukai untuk mengisi waktu senggang.
     
Menurut Siti (42) salah seorang buruh gendong Pasar Legi, jika ada mobil perpustakaan keliling di pasar ini seperti sekarang dapat dimanfaatkan membaca buku di sela waktu senggang.
     
Ia mengatakan, pada buruh gendong di Pasar Legi bahkan meminta kalau bisa dijadwalkan satu kali dalam seminggu datang ke pasar ini. "Adanya mobil perpustakaan keliling di Pasar Legi dapat dimanfaatkan membaca buku sambil menunggu pelanggan yang sedang berbelanja," katanya.
     
Mayor Haristanto sebagai penggagas kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini disambut antusias ibu-ibu buruh gendong di Pasar Legi. Meskipun buruh gendong tersebut tidak muda lagi, tetapi mereka tetap meluangkan waktu untuk membaca buku di tengah kesibukan menunggu pelanggan.
      
"Kami ingin membuktikan bahwa belajar dapat dengan membaca buku, berlangsung sepanjang masa dan bagi siapa saja, tanpa mengenal usia," katanya.
      
Selain itu, kata dia, dengan membaca dapat  mengisi waktu luang sebagai hiburan murah meriah, serta menambah pengetahuan.
      
"Pemkot merespons permintaan para buruh gendong soal kehadiran mobil perpustakaan di Pasar Legi. Mereka sedang mengatur jadwalnya," katanya.
      
Tiga mobil perpustakaan keliling milik Pemkot Surakarta tersebut mulai dibuka untuk melayani para buruh gendong dan tukang becak tersebut sekitar pukul 09.00 hingga 13.00 WIB.
       
Mereka yang datang ke mobil perpustakaan keliling tersebut  silih berganti, dan diperkirakan ada sekitar seratusan pengunjung meminjam buku di lokasi itu.     

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com