Tak Ada Posko Pengaduan Ujian Nasional SD

Kompas.com - 07/05/2012, 09:40 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) jenjang SD/MI/SDLB memasuki hari pertama, Senin (7/5/2012) dan akan berlangsung hingga Rabu (9/5/2012) mendatang. Berbeda dengan UN SMP dan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tidak membuka posko pengaduan pada pelaksanaan UN SD.

Anggota Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Teuku Ramli Zakaria mengatakan, Kemdikbud tidak membuka posko pengaduan untuk UN SD. Alasannya, kewenangan UN SD hampir sepenuhnya diberikan kepada sekolah ataupun pemerintah di daerah setempat.

Namun, Kemdikbud tetap membuka diri jika ada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi ataupun melaporkan praktik kecurangan pada pelaksanaan UN SD.

"Tidak ada posko pengaduan pada UN SD, tapi kami tetap menerima jika ada masyarakat yang ingin melaporkan praktik kecurangan melalui Inspektorat Jenderal Kemdikbud," kata Ramli kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (7/5/2012).

Secara terpisah, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemdikbud, Ibnu Hamad menambahkan, bahwa dalam pelaksanaan UN SD pemerintah tidak membuka posko pengaduan secara resmi.

Namun jika ditemukan adanya kecurangan, tetap dapat dilaporkan kepada dinas di daerah, ataupun Kemdikbud. "Kalau Kementerian melihat laporan itu penting dan harus ditangani kementerian, akan kita tindak lanjuti," pungkas Ibnu.

Seperti diberitakan, sekitar 4 juta siswa akan mengikuti UN SD. Selama tiga hari, para peserta UN SD akan berhadapan dengan tiga mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun para siswa yang berhalangan hadir dapat mengikuti UN susulan yang digelar pada 14-16 Mei 2012. Untuk hasilnya, akan diumumkan berdasarkan kebijakan pemerintah di masing-masing daerah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X