Mahasiswa Unibraw Buat Bakpao dari Buah Naga

Kompas.com - 23/05/2012, 18:08 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

MALANG, KOMPAS.com - Lima mahasiswa dari jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi dan Pertanian Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, berhasil menciptakan kue bakpao yang kaya akan vitamin dan anti oksidan karena berbahan dasar buah Naga. Lima mahasiswa tersebut adalah Astya Rizky, Anik, Chintya, Guntur, dan Zulkifli.

Pada Rabu (23/5/2012) hasil karya mereka dipamerkan dalam acara Seminar dan Pelatihan Nasional HACCP 2012 yang bertema " Get A Better Food Safety by Applicating HACCP" di Universitas Brawijaya. Acara tersebut akan berlangsung mulai tanggal 22- 24 Mei 2012.

Astya, sebagai perwakilan dari timnya menjelaskan, bahwa penganan yang mereka buat memang berbeda dan lebih sehat dari Bakpao yang ada selama ini. "Bakpao yang kami buat bebas pewarna buatan dan kaya anti oksidan. Mulai dari bahan dasar hingga pewarnaannya semuanya menggunakan buah Naga sehingga alami dan kaya akan vitamin A dan B," jelasnya.

Adapun untuk kendalanya, jika dalam proses memasaknya kurang benar maka warnanya akan cepat pudar. "Kalau semakin lama dipanaskan, warnanya akan semakin pudar. Begitu juga kalau dingin akan susah mengembang," katanya.

Namun meski sedikit mengalami kesulitan dalam pembuatannya tim mahasiswa itu tidak putusa asa untuk bisa melahirkan bakpao yang sehat kaya serat dan vitamin yang bisa dikonsumsi oleh semua usia.

"Ide awal dari pembuatan bakpao buah Naga ini adalah menciptakan makanan yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan juga orang tua," jelasnya.

Setelah berhasil membuat Bakpao yang sehat ini, diharapkan bisa menarik banyak pembuat kue. "Jika dikembangkan dan bisa dipasarkan secara bebas akan lebih baik demi kesehatan banyak orang, terutama usia anak-anak," katanya.

Selain sehat, Astya mengatakan bakpao kreasinya ini juga terjangkau. Mereka menjualnya mulai dari harga Rp 2.500 hingga Rp 5000. "Semoga karya kami dan teman-teman, bisa bermanfaat," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.