Kompas.com - 16/07/2012, 18:56 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

SEMARANG, KOMPAS.com- Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto menilai rencana pemerintah untuk mendirikan akademi komunitas (community college) di kabupaten/kota haruslah dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu proses pendirian akademi komunitas perlu dibicarakan lebih lanjut, tidak bisa langsung begitu saja dijalankan.

"Kalau kami setuju-setuju saja. Tapi kita tidak bisa secara langsung harus jadi. Mestinya program-program itu ditata lebih baik, harus melalui pembicaraan yang serius Program itu harus kita buat lebih menusuk," papar Agus di Semarang, Jawa Tengah, Senin (16/7/2012) petang, saat diminta tanggapannya mengenai pendirian akademi komunitas.

Seperti diberitakan, setelah Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi disetujui DPR, pemerintah segera membangun perguruan tinggi negeri (PTN) baru terutama di provinsi yang belum memiliki PTN seperti di Sulawesi Barat. Selain itu, akan didirikan pula akademi komunitas di kabupaten/kota. (Kompas,16/7/2012).

Agus menegaskan sepanjang program tersebut untuk kepentingan masyarakat, kalangan DPR pasti akan menyetujuinya. "Tentu segala sesuatu yang baik harus kita junjung," ungkapnya.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo juga mendukung berdirinya akademi komunitas di daerah-daerah, karena dengan demikian daerah-daerah yang memiliki akademi komunitas bisa melahirkan tenaga-tenaga terampil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.