Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademi Komunitas Harus Dipersiapkan dengan Baik

Kompas.com - 16/07/2012, 18:56 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto menilai rencana pemerintah untuk mendirikan akademi komunitas (community college) di kabupaten/kota haruslah dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu proses pendirian akademi komunitas perlu dibicarakan lebih lanjut, tidak bisa langsung begitu saja dijalankan.

"Kalau kami setuju-setuju saja. Tapi kita tidak bisa secara langsung harus jadi. Mestinya program-program itu ditata lebih baik, harus melalui pembicaraan yang serius Program itu harus kita buat lebih menusuk," papar Agus di Semarang, Jawa Tengah, Senin (16/7/2012) petang, saat diminta tanggapannya mengenai pendirian akademi komunitas.

Seperti diberitakan, setelah Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi disetujui DPR, pemerintah segera membangun perguruan tinggi negeri (PTN) baru terutama di provinsi yang belum memiliki PTN seperti di Sulawesi Barat. Selain itu, akan didirikan pula akademi komunitas di kabupaten/kota. (Kompas,16/7/2012).

Agus menegaskan sepanjang program tersebut untuk kepentingan masyarakat, kalangan DPR pasti akan menyetujuinya. "Tentu segala sesuatu yang baik harus kita junjung," ungkapnya.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo juga mendukung berdirinya akademi komunitas di daerah-daerah, karena dengan demikian daerah-daerah yang memiliki akademi komunitas bisa melahirkan tenaga-tenaga terampil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com