Kompas.com - 13/08/2012, 15:04 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

MALANG, KOMPAS.com - Malang Corruption Watch (MCW) menilai, Komite Sekolah yang selama ini menjadi penghubung antara wali murid dengan pihak sekolah, cenderung membela sekolah. Hal ini menyebabkan komite dianggap tak bisa dipercayai lagi. Kritik MCW ini disampaikan melalui aksi dengan menyebarkan 1000 brosur bertuliskan "Ikuti dan Awasi Rapat Komite Sekolah", di Alun-alun Kota Malang, Jawa Timur, Senin (13/8/2012).

Sebelum membagikan brosur, 20 anggota MCW melakukan sholat jenazah, sebagai simbol matinya perhatian Dinas Pendidikan kepada sekolah.

Koordinator aksi, Rusdiyanto mengatakan, selama ini Komite Sekolah hanya dijadikan perpanjangan tangan dari pihak sekolah untuk memungut. Sebab, pihak sekolah, sesuai dengan peraturan yang berlaku, tidak boleh memungut biaya apapun kepadasiswa.

"Komite Sekolah hanya dijadikan alat untuk sekolah supaya bisa memungut kepada siswa," ujarnya.

Seharusnya, lanjut Rusidyanto, Komite Sekolah bisa mendorong orangtua untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan dalam bentuk ide, bukan uang seperti yang terjadi saat ini.

Oleh karena itu, dalam dua bulan kedepan, MCW akan melakukan pengawasan kepada sekolah-sekolah, terutama Komite Sekolah. Sebab, setelah lebaran, pihak sekolah akan melakukan rapat komite untuk menentukan besaran Sumbangan Biaya Pengembangan Pendidikan (SBPP). 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.