Kompas.com - 03/09/2012, 18:46 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Tiga belas pelajar Indonesia ikut dalam Asia Pacific Conference of Young Scientist (APCYS) 2012.

Dalam acara yang pada berlangsung di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 3-7 September 2012 itu, mereka berkompetisi dengan para pelajar dari 11 negara lain.

Menurut President APYCS, Monika Raharti, seusai pembukaan acara itu, Senin ini, para peserta dari Indonesia diseleksi terlebih dulu di tingkat provinsi. Seleksi diadakan di Sumatera Utara, Bali, Papua, Kalteng, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Timu r, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Setelah melalui lomba regional, para peserta mengikuti seleksi nasional yang diselenggarakan Surya Institute.

Para dewan juri berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Palangkaraya, dan berbagai lembaga penelitian pemerintah serta swasta.

Penelitian yang dipresentasikan para peserta APCYS dikategorikan dalam lima kelompok yakni fisika, matematika, ilmu komputer, lingkungan, dan life science. Hadiah medali emas, perak, dan perunggu akan dianugerahi untuk setiap kategori. Jumlah total pelajar yang mengikuti APCYS sekitar 70 orang.

"Harapan untuk para pelajar Indonesia, mereka bisa meraih medali. Selain itu, mereka diharapkan menjadi model bagi para pelajar lain di Indonesia," kata Monika Raharti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam konferensi penelitian ilmiah untuk para pelajar sekolah menengah atas (SMA) se-Asia Pasifik yang pertama itu, para siswa akan mempresentasikan penelitian ilmiah masing-masing. Setiap presentasi dilakukan dengan waktu paling lama 15 menit.

Setelah itu, juri akan menyampaikan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan presentasi. Penilaian dilakukan berdasarkan kejelasan dan rumusan permasalahan, metode justifikasi dan aplikasi teknik yang digunakan, serta hasil penelitian dan kesimpulan.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X