Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Pelajar Indonesia Ikuti APCYS 2012

Kompas.com - 03/09/2012, 18:46 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Tiga belas pelajar Indonesia ikut dalam Asia Pacific Conference of Young Scientist (APCYS) 2012.

Dalam acara yang pada berlangsung di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 3-7 September 2012 itu, mereka berkompetisi dengan para pelajar dari 11 negara lain.

Menurut President APYCS, Monika Raharti, seusai pembukaan acara itu, Senin ini, para peserta dari Indonesia diseleksi terlebih dulu di tingkat provinsi. Seleksi diadakan di Sumatera Utara, Bali, Papua, Kalteng, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Timu r, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Setelah melalui lomba regional, para peserta mengikuti seleksi nasional yang diselenggarakan Surya Institute.

Para dewan juri berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Palangkaraya, dan berbagai lembaga penelitian pemerintah serta swasta.

Penelitian yang dipresentasikan para peserta APCYS dikategorikan dalam lima kelompok yakni fisika, matematika, ilmu komputer, lingkungan, dan life science. Hadiah medali emas, perak, dan perunggu akan dianugerahi untuk setiap kategori. Jumlah total pelajar yang mengikuti APCYS sekitar 70 orang.

"Harapan untuk para pelajar Indonesia, mereka bisa meraih medali. Selain itu, mereka diharapkan menjadi model bagi para pelajar lain di Indonesia," kata Monika Raharti.

Dalam konferensi penelitian ilmiah untuk para pelajar sekolah menengah atas (SMA) se-Asia Pasifik yang pertama itu, para siswa akan mempresentasikan penelitian ilmiah masing-masing. Setiap presentasi dilakukan dengan waktu paling lama 15 menit.

Setelah itu, juri akan menyampaikan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan presentasi. Penilaian dilakukan berdasarkan kejelasan dan rumusan permasalahan, metode justifikasi dan aplikasi teknik yang digunakan, serta hasil penelitian dan kesimpulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com