Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APCYS 2013 akan Digelar di Yogyakarta

Kompas.com - 07/09/2012, 16:14 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -  Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) yang digelar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah telah usai. Acara yang berlangsung sejak 2 September 2012 hingga Jumat (7/9/2012) itu akan digelar untuk kedua kalinya di Yogyakarta pada tahun 2013.

President APYCS Monika Raharti seusai penutupan acara tersebut, menjelaskan, peserta APCYS 2013 akan diseleksi lagi dari tahap awal. Seleksi melalui provinsi-provinsi untuk peserta dari Indonesia. "Kami juga akan mengadakan pelatihan untuk guru-guru pembimbing peserta," ujarnya.

Menurut Monika, APCYS 2013 direncanakan berlangsung pada akhir Agustus atau awal September. Yogyakarta terpilih sebagai tuan rumah karena sudah dikenal sebagai kota pendidikan. "Selain itu, pemerintah daerah di sana juga sudah berminat untuk menjadi penyelenggara," tuturnya.

Setelah Yogyakarta, APCYS dijadwalkan digelar di luar negeri yakni Guam. Negara penyelenggara APCYS selanjutnya yakni Malaysia, disusul Taiwan, kemudian Korea Selatan. Adapun APCYS pertama pada tahun 2012, tutur Monika, berjalan lancar dan sangat sesuai ekspektasi.

"Sangat menyenangkan mengingat kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bisa berjalan amat baik. Kami sangat terbantu," tuturnya.

Para peserta konferensi penelitian ilmiah untuk para pelajar sekolah menengah atas (SMA) se-Asia Pasifik itu tak hanya melakukan penelitian. " Mereka merasa sangat senang bisa berwisata, mempelajari kebudayaan lokal, bahkan antusias saat singgah di kawasan gambut," ujar Monika.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com