Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Jawab Kritik Pedas DPR Soal Anggaran

Kompas.com - 07/09/2012, 17:22 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji akan mematangkan arah kebijakan, definisi anggaran fungsi pendidikan, anatomi dan komponen anggaran dalam rapat pembahasan anggaran selanjutnya. Hal ini disampaikannya pascakritik pedas dari Komisi X DPR RI yang menilai postur anggaran pendidikan nasional tidak jelas dan berpotensi menuai gugatan.

Nuh menyampaikan, pihaknya sepakat dengan usulan Komisi X DPR yang meminta rapat anggaran selanjutnya digelar dengan menghadirkan Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. Menurutnya, semua menjadi penting untuk menyusun postur anggaran pendidikan 2012 dengan lebih rinci berikut kepastian hukumnya

“Kami sepakat untuk duduk bersama kementerian lain. Yang penting jangan sampai anggaran ini tidak ada dasar hukumnya,” kata Nuh, seusai mengikuti Rapat Kerja bersama Komisi X DPR, di Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Mantan Rektor ITS ini menilai, postur anggaran fungsi pendidikan yang disusun pemerintah sudah disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2009-2014 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2013 serta Rencana Startegis Kemdikbud 2010-2014.

Selain itu, postur anggaran juga disusun berdasarkan arahan Presiden pada sidang kabinet 31 Juli serta pidato kenegaraan Presiden pada 16 Agustus lalu di depan sidang bersama DPR dan DPD RI.

"Anggaran pendidikan bergerak terus, mengikuti APBN. Semua bisa berubah karena kecenderungan APBN itu akan naik, finalnya Oktober nanti," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com