Kompas.com - 25/09/2012, 15:45 WIB
Penulis Ali Sobri
|
EditorCaroline Damanik

DEPOK, KOMPAS.com — Para mahasiswa yang berhasil menjadi juara dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012 memperoleh kesempatan untuk meraih gelar doktor dengan beasiswa. VP Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir mengatakan, langkah ini diambil karena kebutuhan yang besar akan doktor-doktor muda di Tanah Air.

"Sebagai pemenang OSN sangat mungkin untuk mereka kami sekolahkan sampai gelar doktor, terutama jika skripsi mahasiswa atau peserta itu tentang energi baru dan terbarukan," katanya saat menggelar konferensi pers di Pusat Administrasi Universitas Indonesia, kampus Depok, Selasa (25/9/2012).

Ali berharap, program ini nantinya bisa menyiapkan calon-calon doktor yang mampu mengembangkan energi baru dan terbarukan. Dengan demikian, mereka bisa mendorong kemajuan produksi energi baru dan terbarukan dalam negeri.

Ali juga menambahkan calon doktor nanti akan diminta untuk memfokuskan penelitiannya dalam menghasilkan inovasi sesuai dengan kreativitas masing-masing.

"Sengaja biar penemuan mereka itu suatu riset yang baru, soal energi baru, terserah, biofuel, bahkan energi baru dari alga, dan tumbuh-tumbuhan bisa saja dikembangkan oleh mereka," katanya lagi.

Sekitar 19.238 mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta dari 33 provinsi mengikuti OSN Pertamina 2012, Selasa (25/9/2012). Pembukaan dilaksanakan di kampus UI Depok dan dihadiri Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim. OSN Pertamina kelima ini mengambil tema "Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi". Para peserta OSN ini akan memperebutkan hadiah dengan total Rp 2,8 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.