Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Sanksi Sekolah yang Terlibat Tawuran

Kompas.com - 25/09/2012, 19:47 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim seusai pembukaan Olimpiade Sains Nasional Pertamina di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Selasa (25/9/2012), menyatakan keprihatinannya atas tawuran yang terus terjadi di kalangan pelajar.

Dia menyayangkan sekolah-sekolah favorit di Jakarta, seperti SMAN 6 dan SMAN 70 Jakarta, masih terlibat tawuran.

"Ada kemungkinan untuk memberikan sanksi kepada institusi atau sekolahnya. Selama ini sekolah yang terlibat tawuran tidak dikenai sanksi untuk membuat sekolah dan guru berupaya keras membenahi persoalan yang mendera mereka," ujar Musliar.

Pemberian sanksi, kata Musliar, bisa saja dengan menurunkan status sekolah. Jika sekolah berstatus rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) terlibat tawuran, bisa saja statusnya dikembalikan menjadi sekolah biasa.

Menurut Musliar, penyebab tawuran antara pelajar SMAN 6 dan SMAN 70 Jakarta yang terus terjadi perlu dituntaskan dan dicari penyebabnya. Selama ini sebenarnya telah banyak upaya yang dilakukan masing-masing sekolah untuk mencegah tawuran.

"Tawuran yang di kalangan pelajar memang memprihatinkan. Tetapi kita tidak boleh hanya menyalahkan sekolah yang sebenarnya terus berupaya menciptakan keharmonisan. Para orangtua juga perlu mengawasi dan mendampingi anak-anak mereka supaya tidak terlibat dalam kerumunan yang mudah diprovokasi," ujar mantan Rektor Universitas Andalas Padang ini.

Musliar mengingatkan, pendidikan tidak hanya menyiapkan siswa secara akademik. Namun, pendidikan untuk membentuk karakter dan moral siswa yang baik juga tidak boleh luput dari komitmen sekolah dan guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com