Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: Tawuran, Indikasi Gagalnya Pendidikan Karakter

Kompas.com - 26/09/2012, 11:17 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota DPR Komisi X, Raihan Iskandar menilai masih maraknya tindak tawuran pelajar merupakan indikasi gagalnya pendidikan karakter. Menurutnya, tawuran sudah menjurus kepada rutinitas dan tren yang membahayakan dalam pergaulan pelajar.

"Pendidikan karakter masih jauh panggang dari api. Kalau sudah begini, pelaku tawuran sama dengan teroris, karena sudah menciptakan suasana teror dimana-mana, menanamkan bibit-bibit dendam dan kebencian," kata Raihan kepada Kompas.com, Selasa (25/9/2012) malam.

Untuk itu, lanjutnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebagai pihak yang membuat kebijakan, harus segera bertindak, mengumpulkan pihak-pihak terkait, kepala sekolah, wali murid, dan pihak kepolisian guna bersama-sama mencari jalan keluar. Pasalnya, selama ini Raihan menilai masalah tawuran hanya diselesaikan di tingkat elite tanpa melibatkan peserta didik sebagai pelaku tawuran.

"Terpenting penyelesaian konflik ini harus melibatkan peserta didik, karena selama ini saya menilai setiap ada tawuran, selalu penyelesaiannya di tingkat elite tanpa melibatkan peserta didik sebagai pelaku tawuran," tandasnya.

Raihan meminta pihak sekolah untuk tidak bosan-bosannya menanamkan nilai-nilai moral dan memprioritaskan pembangunan karakter peserta didik. Baginya, peserta didik tak bisa hanya dinilai dari prestasi akademiknya saja tanpa memperhatikan moralnya.

"Pelaku tawuran segera berikan sanksi yang tegas, jadikan peristiwa ini untuk yang terakhir kalinya. Tawuran di sana terjadi turun temurun dan sampai hari ini belum terselesaikan secara menyeluruh. Ibarat bom waktu, setiap saat bisa saja meletus," tandasnya.

Tawuran antarsiswa yang berujung pada melayangnya satu nyawa siswa kembali terjadi, Senin (24/9/2012). Siswa SMAN 6 Jakarta Selatan, Alawy Yusianto Putra (15), tewas setelah dia dan teman-temannya diserang oleh segerombol siswa sekolah tetangganya, SMAN 70. Sepuluh nama siswa dari SMAN 70 yang terlibat sudah dikantongi oleh pihak kepolisian.


Berita terkait peristiwa ini dapat diikuti dalam topik "Tawuran SMA 70 dan SMA 6"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com