Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Perpustakaan Sekolah Belum Dioptimalkan

Kompas.com - 01/10/2012, 19:13 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpustakaan sekolah belum dioptimalkan untuk membangun kegemaran membaca. Padahal, guru di sekolah memiliki peluang untuk mengembangkan minat baca siswa dengan menugaskan siswa mencari buku-buku referensi yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran di perpustakan sekolah. 

 

Perpustakaan sekolah berpotensi untuk membuat siswa gemar membaca, namun belum dikembangkan guru dan sekolah secara optimal. "Sebaliknya, untuk perpustakaan nasional dan daerah hingga ke tingkat desa dan komunitas justru bergeliat dengan membuat beragam kegiatan dan menambah jumlah koleksi buku," kata Sri Sularsih, Kepala Perpustakaan Nasional usai pembukaan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca di Jakarta, Senin (1/10/2012).

 

Menurut Sri, dalam UU Perpustakaan sebenarnya diamanatkan sebesar lima persen dari anggaran pendapatan dan belanja sekolah digunakan untuk pengembangan perpustakaan sekolah, namun hingga hingga sekarang belum dilaksanakan semua sekolah.

 

"Kami berharap, Kemendikbud menaruh perhatian untuk mengoptimalkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dan ilmu pengetahuan. Bisa saja, guru mewajibkan siswa untuk mengerjakan tugas dengan mencarinya dari buku-buku di perpusatkaan. Pembiasaan begini bisa membuat anak-anak terbiasa untuk menjadikan perpusatakaan sebagai tempat mencari ilmu pengetahuan yang beragam dan kaya," kata Sri.

 

Pada kegiatan Hari Kunjung Perpustakan dan Bulan Gemar Membaca, digelar pameran koleksi Perpustakaan Nasional soal jamu hingga aneka lomba seperti menari, menyanyi, dan membaca yang melibatkan siswa pada 1-4 Oktober 2012 di Perpustakaan Nasional.

 

Woro Titi Hayanti, Kepala Pusat Jasa Perpustakaan Nasional, mengatakan tema perayaan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2012 yakni  "Jadikan perpustakaan sebagai Sahabat Pintar Keluarga Indonesia". Kegiatan melibatkan guru, siswa, dan pustakawan.

 

Selama perayaan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2012 di Perpustakaan Nasional digelar pameran dari berbagai institusi perpustakaan daerah dan instansi pemerintah. Perpustakaan Nasional mengeglar koleksi buku-buku yang terkait jamu dan obat tradisional.

 

Pada 2 Oktober mulai pukul 09.00 - 11.00 digelar seminar hypnotherapi dan sosialisasi koleksi tentang hypnotherapi. Pada 3 Oktober digelar seminar soal jamu. Acara-acara yang dilaksanakan di Perpustakaan Nasional ini terbuka untuk masyarakat umum dan gratis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com