Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghargaan Inovasi Pendidikan Internasional

Kompas.com - 13/11/2012, 19:12 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DOHA, KOMPAS.com -  Penghargaan internasional terkemuka di bidang inovasi pendidikan WISE Prize for Education tahun ini diberikan kepada Dr. Madhav Chavan, mantan dosen mata pelajaran kimia yang merancang sebuah rumus sederhana untuk menyediakan pendidikan bagi jutaan orang dengan biaya yang sangat murah.

Wartawati Kompas Ester Lince Napitupulu dari Doha melaporkan, Laureate (penerima penghargaan) 2012 WISE Prize for Education diumumkan pada pembukaan sesi dialog pada konferensi World Innovation Summit for Education (WISE) ke-4 Doha, Qatar, yang disaksikan oleh lebih dari 1.200 inovator dari lebih dari 100 negara, termasuk tokoh-tokoh dari sektor sosial , bisnis, kepemerintahan, media dan pendidikan di Qatar Convention Center, Doha, Selasa (13/11/2012).

Setelah memperoleh gelar Ph.D. di Amerika Serikat, Dr. Madhav Chavan kembali ke India pada tahun 1986 untuk mengajar mata pelajaran Kimia di University of Mumbai.

Dia tersentuh dengan penderitaan kaum miskin di kota tersebut, kemudian  ia menerapkan pelatihan ilmiahnya untuk menciptakan sebuah solusi sederhana yang sangat bermanfaat.

Dr. Madhav Chavan melihat pendidikan adalah hambatan utama untuk pembangunan di India dan tindakan tersebut adalah sesuatu yang diperlukan untuk mengatasinya secara lebih cepat.

Dengan memanfaatkan kekuatan kolaborasi dari tahap awal, ia bekerja sama dengan UNICEF dan pemerintah setempat untuk memastikan bahwa "setiap anak dapat pergi ke sekolah dan mendapatkan pendidikan yang baik".

Dengan menggunakan semangatnya untuk meningkatkan keadilan sosial sebagai katalis, ia meluncurkan sebuah misi untuk menciptakan dampak pendidikan yang besar dengan biaya yang murah.

Dampak yang dihasilkan, dengan menggabungkan unsur-unsur utama dari infrastruktur pemerintah, sumber daya perusahaan dan bantuan dari masyarakat luas telah menghasilkan sesuatu yang luar biasa untuk menyediakan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu di Mumbai.

Selain itu, rumus tersebut telah lulus tes ilmiah skalabilitas dan replikasi serta menyebar dengan cepat ke seluruh negeri. Saat ini, program pengajaran tersebut telah menjangkau 17 dari 28 propinsi di India.

Pratham, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang didirikan dan ketuai oleh Dr. Madhav Chavan, merupakan lembaga swasta paling besar yang menyediakan pendidikan dasar untuk anak-anak kurang mampu di India.

Program-progam tersebut ditujukan bagi pendidikan taman kanak-kanak, dukungan pelajaran baik bagi anak yang masih bersekolah maupun yang tidak bersekolah, pengetahuan komputer, pelatihan kejuruan dan program khusus bagi anak-anak yang rentan dan anak-anak yang telah bekerja.

Chairman WISE H.E. Dr Abdulla bin Ali Al-Thani mengatakan "Madhav Chavan adalah sebuah inspirasi untuk kita semua. Perjalanan hidupnya telah menyatukan semangat tokoh-tokoh sosial dengan kesabaran dan metode ilmu pengetahuan. Pendekatannya memperlihatkan bahwa unsur-unsur yang paling penting dalam mencapai inovasi yang sukses adalah visi yang jelas, determinasi dan kemampuan untuk mengaplikasikan kapasitas yang ada terhadap berbagai penyebab.

Dr. Madhav Chavan telah memberi penerangan terhadap kehidupan jutaan orang  dan saya memberikan selamat kepadannya sebagai sebuah prestasi yang luar biasa," kata Abdulla .

WISE Prize for Education didirikan pada tahun 2010 sebagai pengakuan pertama di dunia atas kontribusi kelas dunia terhadap pendidikan oleh individu atau tim.

Laureate (penerima penghargaan) menerima penghargaan sebesar US$500,000 dan medali emas. (ELN)  Pemenang WISE Prize for Education telah ditentukan oleh dewan juri yang terdiri dari para individu terkemuka dari seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com