Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Teknologi Augmented Reality di Solo

Kompas.com - 16/11/2012, 12:58 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pekan Raya Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang digelar 12-18 November ini menyajikan salah satunya perkembangan teknologi augmented reality (AR). Beberapa contoh aplikasi AR dihadirkan oleh perusahaan AR&Co yang pemimpin pasar AR di Asia Tenggara dan tiga besar dunia. Pameran teknologi AR yang merupakan pertama kalinya di Kota Solo, Jawa  Tengah ini dibuka sejak pukul 08.00-16.00.  

Diungkapkan Project Director AR&Co Krisni Lee, permintaan terhadap aplikasi dengan teknologi AR meningkat pada beberapa tahun terakhir. Peningkatan permintaan ini terutama untuk perangkat bergerak, meski untuk penggunaan di komputer pribadi juga masih terus bertumbuh.  

Menurut Krisni, pengalaman pihaknya, dalam beberapa tahun terakhir permintaan terhadap aplikasi AR meningkat hingga lebih dari 100 persen. Dengan meningkatnya penggunaan perangkat bergerak, terjadi pula peningkatan permintaan aplikasi AR pada perangkat tersebut terutama yang berbasis Android dan iOS.  

"Saat ini penggunaan AR memang masih lebih banyak untuk personal computer namun pertumbuhannya sudah dilampaui oleh perangkat mobile yang menggunakan Android dan iOS sejak perangkat berbasis kedua sistem operasi itu meledak di pasaran sejak tahun 2011," kata Krisni.  

Augmented Reality atau realitas bertambah merupakan teknologi yang menggabungkan sesuatu dari dunia nyata dengan sesuatu yang bersifat maya. Teknologi ini disenangi konsumen karena memungkinkan terjadinya interaksi dengan pengguna aplikasi yang menjadi target pasar mereka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com