Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Pancasila Siapkan Profesional Bidang Penyiaran

Kompas.com - 24/11/2012, 17:11 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tingginya permintaan industri penyiaran (broadcasting), media massa, serta industri pariwisata terhadap tenaga profesional terampil yang siap pakai, langsung dijawab oleh Universitas Pancasila (UP). Bekerja sama dengan PT Haikas Media Informatika yang didirikan oleh sejumlah alumni UP yang telah berkecimpung di industri ini dengan membuka pendidikan dan training.

Kerja sama UP dengan PT Haikas akan diwujudkan dalam sebuah kesepakatan kerja sama di kampus UP, Lenteng Agung Jakarta Selatan, Senin (26/11/2012). "Animo masyarakat terhadap pendidkan komunikasi serta media sangat tinggi, terlebih terhadap informasi dan komunikasi, baik audio maupun visual, sangat besar terutama di bidang broadcast," kata Rektor UP Eddy Toet Hendratno, Sabtu (24/11/2012) di Jakarta.

Eddy menyebut contoh respon positif masyarakat terhadap Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UP yang baru berdiri beberapa waktu lalu. "Saat ini Fikom UP sudah memiliki ratusan orang mahasiswa dan sudah terakreditasi B, karena kredibilitas para pengajarnya tidak perlu diragukan," tuturnya.

Haikas adalah badan usaha di bidang pendidikan dan media yang didirikan oleh sejumlah alumni UP yang berlatar belakang profesi sebagai pengusaha dan professional di bidang multimedia, televisi serta IT.

"Kebutuhan industri media massa khususnya elektronik dan cetak, serta IT terhadap informasi dan komunikasi baik audio maupun visual sangat besar. Sebagai pengusaha yang sudah berkecimpung di industry ini, kami sangat merasakan sudah dan langka mencari tenaga-tenaga muda yang berbakat untuk mengisi lowongan di industri TV dan multimedia," kata Papang Pamungkas, Dirut PT Haikas Media Informatika yang juga CEO TFA Media dan banyak menelurkan sejumlah program di televisi.

Guna menjawab kebutuhan itu, Haikas dan UP merealisasikan keinginan masyarakat dengan membuka jurusan broadcast/penyiaran TV.

Indra Utama, Direktur Haikas Media Informatika bidang program menambahkan, pihaknya telah bertemu dengan sejumlah pemilik program, pengelola televisi dan media massa tentang rencana penyelenggaraan pendidikan ini. "Teman-teman dari televisi, multimedia serta media sangat merespon positif dan akan mempertimbangkan siap menampung lulusan pendidikan Haikas-Universitas Pancasila ini," tutur Indra Utama yang juga Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank.

Sejumlah profesional dari stasiun televisi dan jurnalis media massa terkemuka sudah menyetakan kesediaan untuk mengajar di lembaga pendidikan broadcasting dan jurnalistik ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com