Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud: Chairul Tanjung Dulunya Miskin

Kompas.com - 24/11/2012, 17:26 WIB
Tri Harijono

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, pengusaha terkemuka Chairul Tanjung dulunya miskin. Bahkan untuk biaya kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, ibunya harus menjual kain kesayangannya.

"Namun bagi Pak Chairul Tanjung, kemiskinan bukan alasan untuk tidak sukses dan beliau telah berhasil membuktikannya," kata Nuh, ketika memotivasi mahasiswa miskin penerima Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidik Misi) di Universitas Negeri Manado (Unima), di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (24/11/2012).

Kini, kata Nuh, Chairul Tanjung termasuk pengusaha terkemuka dan kunci kesuksesannya adalah berkat pendidikan. "Pendidikan adalah pisau yang paling tajam untuk memutus rantai kemiskinan," kata Nuh, setelah memberi buku Chairul Tanjung si Anak Singkong kepada sejumlah mahasiswa.

Karena itu, kata Nuh, mahasiswa tak boleh patah semangat oleh kemiskinannya. Pemerintah pun kini memberi "karpet merah" untuk mahasiswa miskin dalam bentuk pemberian beasiswa dan kewajiban perguruan tinggi negeri menyediakan 20 persen kursinya untuk calon mahasiswa miskin berprestasi.

Pemberian beasiswa Bidik Misi yang jumlahnya Rp 600.000 per bulan, menurut Nuh, penerimanya terus bertambah setiap tahun. Jika saat diluncurkan 2010 penerimanya 20.000 mahasiswa, kini sudah 92.000 dan tahun depan ditambah lagi menjadi 150.000 penerima.

Pada kesempatan itu Rektor Unima, Phioteus EA Tuerah meminta agar jumlah penerima beasiswa di Unima ditambah, karena terbukti bermanfaat bagi masyarakat miskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com