Wamendikbud: Ada Ribuan Masukan untuk Kurikulum

Kompas.com - 08/12/2012, 14:03 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses uji publik kurikulum baru yang akan menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) telah memasuki pekan kedua. Ribuan masukan yang diterima oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baik melalui website maupun roadshow adalah pentingnya persiapan bagi guru dan masalah buku.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengatakan bahwa pihaknya menerima tanggapan positif dari masyarakat terkait dengan perubahan kurikulum. Namun, dia mengakui banyak masukan yang diterima pihaknya agar konsep kurikulum baru ini menjadi sempurna saat diterapkan 2013 mendatang.

"Ada ribuan yang masuk di website dan tanggapannya baik. Memang tidak sepenuhnya setuju tapi mereka beri masukan baiknya seperti apa," kata Musliar kepada Kompas.com, Sabtu (8/12/2012).

"Dari berbagai masukan, paling banyak tentang persiapan untuk guru dan masalah buku," imbuh Musliar.

Seperti diketahui, persiapan guru akan dilaksanakan selama enam bulan jelang penerapan kurikulum baru pada Juni 2013 mendatang. Dengan sistem master teacher, guru yang mendapat pelatihan awal dan sudah mahir berkewajiban menyampaikan ilmunya paada guru lain. Sekitar 350.000 guru akan menjalani pelatihan ini untuk pemberlakuan kurikulum tahap awal.

Selain persiapan guru, masalah buku juga menjadi suatu hal yang selalu dicemaskan oleh masyarakat jika terjadi perubahan kurikulum. Sebagian besar masyarakat meminta pemerintah untuk tegas terkait masalah buku ajar yang nanti akan digunakan.

Umumnya, masyarakat menginginkan pemerintah membatasi penerbit agar tidak mencetak berbagai varian buku yang berhubungan dengan kurikulum baru ini karena akan membingungkan orang tua dan siswa.

"Masalah buku ini sudah kami cari jalan keluarnya. Hanya akan ada satu macam, kami buat dummy untuk itu," tandasnya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X