Guru Butuh Didampingi dengan Konsisten

Kompas.com - 26/12/2012, 16:28 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Guru selalu disebut sebagai ujung tombak utama dari suksesnya kurikulum yang digagas oleh pemerintah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengakui bahwa persiapan guru jelang kurikulum baru menjadi prioritas. Namun, ide persiapan guru dengan konsep master teacher yang akan diusung oleh Kemendikbud ditentang banyak pihak.

Pengamat pendidikan dari Perguruan Kanisius, Romo Baskoro, mengatakan bahwa ide dan konsep persiapan guru apapun tidak akan berjalan baik tanpa pendampingan yang konsisten. Selama ini, para guru berjalan sendiri dan hanya mendapat pelatihan di awal saja sehingga kelanjutannya tidak lagi dipantau.

"Sekarang mau pakai master teacher. Kalau nggak didampingi sama saja. Sekarang siapa yang akan dampingin master teacher," kata Baskoro kepada Kompas.com, Rabu (26/12/2012).

"Pemerintah ini tidak pernah konsisten mendampingi guru. Padahal itu yang penting," imbuh Baskoro.

Ia juga mengungkapkan bahwa masalah pendidikan ini bukan merupakan satu masalah yang dicari solusi kemudian langsung selesai. Pendampingan dana pemantauan berkala sangat dibutuhkan karena kebutuhan pendidikan ini terus berkembang tanpa henti.

"Pendidikan adalah proyek yang yak akan pernah selesai. Jadi harus terus didampingi. Dibenahi bertahap, tidak bisa sekaligus," jelasnya.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar, Ferdiansyah, juga pernah mengungkapkan hal serupa bahwa pelatihan guru dengan metode master teacher ini tak akan mampu menyiapkn guru dengan baik untuk menjalankan kurikulum baru pada anak didiknya. Menurutnya dengan metode ini, ilmu yang diperoleh dari guru sebelumnya untuk kemudian dilanjutkan pada guru lain akan susut.

"Takutnya semakin ke bawah semakin berkurang. Misal A dilatih, ilmu yang masuk 100 persen. Nanti saat dia melatih B, yang masuk di B hanya 70 persen. Biasanya kan seperti itu," ujar Ferdiansyah.

 

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Close Ads X