Pengalihan Dana RSBI Segera Dibahas

Kompas.com - 08/01/2013, 22:12 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah-sekolah berstatus rintisan bertaraf internasional (RSBI) mendapat keistimewaan dari pemerintah pusat terkait anggaran. Sekolah RSBI mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat sekitar Rp 200 juta per tahun.

 

Terkait Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan keberadaan RSBI karena landasan hukum pasal 50 ayat 3 UU No 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Menteri Pendidikan dan kebudayaan Mohammad Nuh belum secara tegas mengatakan akan segera membubarkan RSBI.

"Kami akan mempelajari detilnya dulu. Apalah putusan ini berlaku untuk sekolah milik pemerintah atau juga swasta? Pembubaran RSBI tidak serta-merta besok," kata Nuh.

 

Suyanto, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, kemendikbud, mengatakan anggaran untuk sekolah RSBI sudah masuk dalam APBN 2013. Di tahap awal pembentukan RSBI, pemerintah mengucurkan Rp 500 juta untuk tiap sekolah. "Sekarang sekitar Rp 200 juta per tahun," kata Suyanto.

 

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, mengatakan anggaran RSBI yang sudah dialokasikan di APBN 2013 bisa saja dialihkan untuk penerapan Kurikulum 2013. Penerapan Kurikulum 2013 direncanakan Juni nanti. 

 

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Close Ads X