Kompas.com - 05/03/2013, 21:57 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesiapan buku teks untuk siswa dan buku pedoman untuk guru dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 terus dikebut. Buku pelajaran ditargetkan siap di sekolah paling lama seminggu sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Ibrahim Bafadal, Direktur Pembinaan SD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Selasa (5/3/2013), menjelaskan kesiapan buku memang masih dibahas hingga ke pendistribusiannya ke sekolah.

"Tahun ajaran baru biasanya pertengahan Juli. Dipastikan buku-buku teks sudah sampai di tingkat sekolah paling lambat seminggu sebelum tahun ajaran baru dimulai," ujar Ibrahim.

Untuk kelas I dan IV SD dibutuhkan sekitar 28,7 juta eksemplar buku untuk siswa dan guru. Tiap sekolah nantinya diberi cadangan buku sebanyak lima persen dari jumlah buku yang dibutuhkan.

Dalam rapat pimpinan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, soal buku pegangan buku guru masih dibahas. Ada masukan supaya buku untuk guru tidak per satu tema, tetapi dibuat per dua tema atau satu buku yang mencakup semua tema tiap jenjang kelas.

Untuk kelas I SD ada delapan tema, yang berarti delapan buku, ditambah juga pelajaran agama. Adapun di kelas IV sebanyak sembilan tema. Banyaknya buku pegangan guru mengikuti jumlah tema di tiap kelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.