Menanti Rumah Sakit Pendidikan di Ambon

Kompas.com - 07/03/2013, 16:58 WIB
EditorCaroline Damanik

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Maluku sedang mengusahakan pembangunan rumah sakit pendidikan guna mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. Dirut RSUD dr.M.Haulussy Ambon, Sri Ananta, mengatakan, Dinas Kesehatan Maluku bersama Unpatti telah mengusulkan pembangunan rumah sakit pendidikan ke pemerintah pusat.

Lokasi tempat rumah sakit pendidikan akan dibangun telah disiapkan di kawasan kampus Unpatti di Desa Poka, Kecamatan Teluk Dalam, Kota Ambon itu dinamai dr.M.Haulussy.

"Namanya dr.M. Haulussy setelah melewati pertimbang dan proses penetapan nama relatif lama. Apalagi selama ini mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpatti berpraktek di RSUD dr.M. Haulussy," ujar Sri di Ambon, Kamis.

Rumah sakit pendidikan merupakan salah satu persyaratan untuk mendukung pengembangan kepaniteraan klinik mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon.

"Maluku membutuhkan kualitas SDM dari profesi dokter yang handal, makanya harus ada rumah sakit pendidikan untuk mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon," kata Sri Ananta.

Rektor Unpatti Ambon Thomas Pentury mengapresiasi pengusulan rumah sakit pendidikan tersebut seiring dengan terbitnya persetujuan status Fakultas Kedokteran setempat dari Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional yang  dibuka 23 Juli 2008.

Peningkatan status tersebut berdasarkan surat Dirjen Dikti, Djoko Santoso No.1109/E/C/2012 tertanggal 30 Agustus 2012. Fakultas kedokteran Unpatti saat ini didukung tenaga pengajar dari Universitas Hassanudin, Universitas Airlangga dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X