Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Negeri Sambas Diresmikan

Kompas.com - 11/03/2013, 12:13 WIB
Riana Afifah

Penulis

SAMBAS, KOMPAS.com - Setelah Banyuwangi, kini giliran politeknik di Sambas yang berubah statusnya menjadi politeknik negeri. Dalam peresmiannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan Politeknik Negeri Sambas menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan program satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di satu kabupaten yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat demi menghasilkan generasi kompetensi.

"Inilah alasan politeknik Sambas dinegerikan. Sambas tidak lama lagi akan menjadi tempat yang diburu untuk berguru oleh negara tetangga. Karena dengan penegerian ini bukan sekadar meningkatkan sumber daya manusia tapi juga harkat dan martabat bangsa," kata Nuh saat peresmian Politeknik Negeri Sambas di Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (8/3/2013).

Langkah ini dilakukan untuk semakin meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Dengan meningkatnya minat anak-anak Sambas untuk melanjutkan pendidikan tinggi di daerahnya sendiri, lanjut Nuh, maka dalam 5-10 tahun ke depan politeknik ini akan menjadi pusat unggulan pendidikan. Apalagi jika akses untuk mahasiswa miskin dibuka selebar-lebarnya sehingga pendidikan dapat dirasakan semua kalangan.

"Adanya politeknik ini bertujuan sebagai sabuk pengaman bagi anak-anak kita," ujar Nuh.

"Tapi yang pasti buka karpet merah pada anak-anak miskin. Kemuliaan pada kampus itu jika anak miskin dapat akses murah," tandasnya kemudian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com