Kompas.com - 28/03/2013, 15:31 WIB
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com — Harvard dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) memang menjadi impian banyak anak pintar di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Namun, siapa bilang perguruan tinggi tersohor di dunia itu terlalu tinggi untuk dicapai putra putri Indonesia?

Tak ada yang mustahil, tetapi hanya mereka yang mau bekerja keras saja yang tentu memiliki kesempatan mengecap pendidikan di sana, salah satunya Kevin Soedyatmiko. Melalui Indonesia Mengglobal, Kevin berbagi pengalaman 5 bulan pertamanya di MIT.

Kevin mulai berkuliah di MIT sejak tahun 2011. Dia mengenyam studi S-1 di jurusan Management Science and Economics. Saat ini, Kevin juga menjadi asisten peneliti di MIT.

Tulisan ini memang di-posting pada 20 Maret 2012 lalu, tetapi tetap memberikan wawasan yang luas tentang dinamika pendidikan di MIT. Siapa yang berminat ke MIT? Silakan petik pelajaran dari tulisan ini.

Anda juga bisa seperti Kevin!


"Belajar di MIT"
 
Hi guys!

Let me welcome you to IndonesiaMengglobal.com. Sebuah website yang dibuat khusus buat kamu yang tertarik belajar ke luar negeri, khususnya di Amerika. And thanks to Indonesia Mengglobal admin yang sudah memberi kesempatan buat saya menulis di sini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Well, enough for the introduction. Pada post kali ini, saya akan berbagi pengalaman 5 bulan pertama saya di MIT. 5 bulan? Yup, di sini satu semester kuliah itu sekitar 4 bulan di kalender. Jadi dalam setaon hanya ada 2 x 4 bulan kuliah = 8 bulan. Let me start…

Academics in MIT

People work really hard here. Beberapa teman mengaku hanya menyempatkan diri untuk tidur kurang dari 5 jam per hari. Everyone (or at least most of the students) strive gila – gilaan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Nah ini sebenernya hal yang bagus, tapi di satu sisi yang lain, mahasiswa jadi semacam kiasu, atau egois, atau pelit ilmu satu sama lain.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.