Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Harapkan Mahasiswa Jadi Generasi Kreatif

Kompas.com - 07/04/2013, 23:42 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Direktur Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni IPB Doktor Dodik Nurochmat mengharapkan mahasiswa siap menjadi generasi yang kreatif.

"Peran IPB sangat diperlukan karena merupakan perguruan tinggi berbasis pertanian dan fokus pada pembangunan wilayah perdesaan," katanya kepada Antara di Kantor Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/4/2013).

Dengan fokus tersebut, kata dia, kreativitas mahasiswa IPB ditantang untuk mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui berbagai kegiatan. Apalagi, kata dia, IPB sudah meluluskan lebih dari 110.000 alumnus yang telah berkarya di pelosok Tanah Air.

Selain itu, kata dia, juga jaringan himpunan alumni IPB dengan beragam keilmuan dan banyak alumni memegang posisi-posisi kunci di berbagai instansi, yang kesemuanya dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan.

Terkait dengan itu, kata Dodik Nurochmat, pihaknya bekerja sama dengan Kemenakertrans telah menyelenggarakan seminar ketenagakerjaan dan ketransmigrasian yang mengusung tema "Revitalisasi Penyelenggaraan Transmigrasi dalam Menciptakan Peluang Berusaha dan Kesempatan Kerja".

Pada acara itu Dirjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KTrans) Kemenakertrans Jamaluddien Malik mengatakan, sebaran penduduk Indonesia yang terjadi saat ini tidak merata sehingga banyak terjadi ketimpangan pembangunan.

Untuk itu, kata dia, upaya yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan transmigrasi. Langkah itu dilakukan untuk membangun pusat-pusat pertumbuhan baru melalui penciptaan sentra-sentra produksi baru yang terintegrasi di kawasan transmigrasi.

Oleh karena itu, kata dia, dibutuhkan adanya sinergi antara sumber daya manusia unggulan asal transmigran dan sumber daya alam sebagai unggulan daerah penempatan transmigrasi.

Dalam kaitan itu, menurut dia, perlu adanya peran berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi negeri seperti IPB. "IPB tidak diragukan lagi dalam meningkatkan kualitas lulusannya," katanya.

Untuk itu, kata dia, kontribusi IPB diperlukan dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja pascapenempatan. IPB juga diharapkan senantiasa mencetak tenaga terdidik yang siap memasuki dunia kerja, dan tenaga terampil siap pakai, sesuai dengan kebutuhan kerja pada era globalisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com