Rektor UGM Dapat Gelar Kehormatan dari Universitas Flinders

Kompas.com - 18/04/2013, 10:39 WIB
|
EditorRusdi Amral

ADELAIDE, KOMPAS.com - Universitas Flinders Adelaide memberikan gelar Doktor Kehormatan kepada Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Prof Pratikno, yang juga merupakan alumnus dari universitas tersebut.

"Peran penting Prof Pratikno di Indonesia, dengan posisinya senior di bidang pendidikan dan pemerintahan, dan berlanjutnya kerjasama antara UGM dan Flinders, dimana beliau memberikan kontribusi penting, membuat dia pantas menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas." demikian keterangan Wakil Rektor Universitas Flinders Prof Michael Barber dalam rilis yang diterima oleh koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya.

Sejak menyelesaikan doktornya di Jurusan Ilmu Sosial di Flinders, Prof Pratikno tetap mempertahankan hubungannya dengan Flinders dengan melakukan riset bersama dengan staf pengajar di Jurusan Studi Internasional. "Risetnya mengenai politik lokal Indonesia semakin penting bagi Indonesia dan Australia, karena keberhasilan demokratisasi dan desentralisasi yang dilakukan Indonesia." lanjut rilis tersebut.

UGM juga memiliki MoU aktif dengan Flinders, dan selama lebih dari 15 tahun terakhir, para mahasiswa dan lulusan Flinders memperdalam pengetahuan mereka mengenai budaya dan bahasa di UGM. "Ada juga kerjasama di bidang seperti Studi Hubungan Internasional, Kependudukan dan Hukum yang sedang dijajaki."

Prof Praktikno dilahirkan di tahun 1962, dan sebelumnya mendapatkan gelar Master dari Universitas Birmingham di Inggris dan Doktor dari Flinders. Sebelum menjadi rektor UGM di tahun 2012, Pratikno adalah Dekan Fisipol. Penyerahan gelar Doktor tersebut dilakukan bersamaan dengan upacara wisuda bagi 1620 mahasiswa Flinders yang berlangsung antara 16-19 April 2013, yang diserahkan oleh Rektor Flinders, Stephen Gerlach.      

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X