Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UGM Dapat Gelar Kehormatan dari Universitas Flinders

Kompas.com - 18/04/2013, 10:39 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com - Universitas Flinders Adelaide memberikan gelar Doktor Kehormatan kepada Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Prof Pratikno, yang juga merupakan alumnus dari universitas tersebut.

"Peran penting Prof Pratikno di Indonesia, dengan posisinya senior di bidang pendidikan dan pemerintahan, dan berlanjutnya kerjasama antara UGM dan Flinders, dimana beliau memberikan kontribusi penting, membuat dia pantas menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas." demikian keterangan Wakil Rektor Universitas Flinders Prof Michael Barber dalam rilis yang diterima oleh koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya.

Sejak menyelesaikan doktornya di Jurusan Ilmu Sosial di Flinders, Prof Pratikno tetap mempertahankan hubungannya dengan Flinders dengan melakukan riset bersama dengan staf pengajar di Jurusan Studi Internasional. "Risetnya mengenai politik lokal Indonesia semakin penting bagi Indonesia dan Australia, karena keberhasilan demokratisasi dan desentralisasi yang dilakukan Indonesia." lanjut rilis tersebut.

UGM juga memiliki MoU aktif dengan Flinders, dan selama lebih dari 15 tahun terakhir, para mahasiswa dan lulusan Flinders memperdalam pengetahuan mereka mengenai budaya dan bahasa di UGM. "Ada juga kerjasama di bidang seperti Studi Hubungan Internasional, Kependudukan dan Hukum yang sedang dijajaki."

Prof Praktikno dilahirkan di tahun 1962, dan sebelumnya mendapatkan gelar Master dari Universitas Birmingham di Inggris dan Doktor dari Flinders. Sebelum menjadi rektor UGM di tahun 2012, Pratikno adalah Dekan Fisipol. Penyerahan gelar Doktor tersebut dilakukan bersamaan dengan upacara wisuda bagi 1620 mahasiswa Flinders yang berlangsung antara 16-19 April 2013, yang diserahkan oleh Rektor Flinders, Stephen Gerlach.      

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com