Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Siswa SMP Kediri Kerjakan UN di RS

Kompas.com - 22/04/2013, 13:12 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Dua peserta Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri, Jawa Timur, terpaksa mengikuti ujian di Rumah Sakit Bhayangkara karena menjadi pasien rawat inap. Kedua siswa tersebut adalah Abimanyu asal SMP Pawyatan Dhaha serta Riski Fajar dari MTsN 2.

Salah satu dari mereka dirawat karena kecelakaan, dan satu lainnya karena penyakit dalam. Kepala Rumah Sakit Bhayangkara, Ajun Komisaris Besar Prima Heru Yuihartono mengatakan, keduanya mengerjakan soal dengan pengawasan yang tak kalah ketat dengan ujian yang dilakukan di sekolah.

Pihak RS juga memberi fasilitas ruangan yang mendukung untuk digunakan sebagai tempat ujian. "Di sana juga ada dua personil polri. Tempatnya juga telah kami siapkan," kata AKBP Prima Heru Yulihartono.

Sementara Wali Kota Kediri, Samsul Azhar, beserta rombongan melakukan kunjungan ke beberapa sekolah pelaksana UN seperti di SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3. Dalam sidaknya itu, Wali Kota sempat memeriksa barang bawaan siswa berupa tas yang tertumpuk dan diletakkan di luar kelas.

Wali Kota memeriksa isinya. "Tidak ada barang yang mencurigakan, hanya bekal makanan," kata Samsul Azhar.

Wali Kota berlatar belakang dokter ini mengimbau kepada para guru maupun siswa agar tidak resah dan tidak mempedulikan isu kebocoran soal hingga peredaran kunci jawaban. Sebab, menurutnya, dengan komposisi soal yang bervariasi maka kecurangan dapat diminimalisasi.

Ia juga memastikan pelaksanaan ujian tahun ini berjalan lancar tanpa ada kendala, baik pada tahap pendistribusian soal maupun jumlahnya. " Semuanya lancar," imbuhnya.

Pelaksanaan UN setingkat SMP di Kediri tahun ini diikuti oleh 5.513 siswa kelas reguler serta 392 siswa dari paket B yang berasal dari 8 SMP Negeri dan 15 SMP swasta. Pelaksanaan UN ini juga mendapatkan pengamanan dari kepolisian.

"Kami terjunkan 111 personil," kata Ajun Komisaris Polisi Surono, Kepala Sub-bagian Humas Polres Kediri Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com