Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampus dengan Jurusan Pertanian dan Kehutanan Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 13/05/2013, 18:35 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com — Pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan swasta sudah dan akan dibuka. Berminat untuk melanjutkan studi ke jurusan pertanian dan kehutanan, tetapi bingung mencari kampus yang terbaik?

Pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2013 ini bisa dipilih sebagai panduan untuk memilih. QS World University Rankings meluncurkan daftar lima kampus dengan jurusan pertanian dan kehutanan terbaik di Indonesia. Apa saja?

Tentu saja, nama Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi andalan di Indonesia dan QS juga mengakuinya. IPB ditempatkan di peringkat pertama dalam daftar tahun ini.

Bahkan, perguruan tinggi negeri yang berdiri tahun 1963 ini masuk ke dalam 200 perguruan tinggi dengan jurusan pertanian dan kehutanan terbaik di dunia. IPB duduk di peringkat ke-151-200.

IPB sejajar dengan sejumlah perguruan tinggi ternama lain di dunia, seperti Murdoch University Australia, Università Cattolica del Sacro Cuore Italia, dan University of Tasmania Australia. Meski duduk di peringkat yang sama dengan 49 kampus lain, IPB menerima dua QS Stars yang menunjukkan sejauh mana universitas tersebut bisa dipercaya.

Setelah IPB, Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di peringkat kedua. Kampus ini memang dikenal pula dengan Program Studi Rekayasa Pertanian dan Kehutanan. Berikut daftar lima besar kampus dengan jurusan pertanian dan kehutanan terbaik:

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
4. Universitas Indonesia (UI)
5. Universitas Airlangga (Unair)

Di Asia, lima perguruan tinggi dengan jurusan pertanian dan kehutanan terbaik adalah Kyoto University di Jepang, The University of Tokyo, Kasetsart University di Thailand, Hokkaido University dan Tohoku University di Jepang. Kelimanya berada di 36 besar kampus dengan jurusan pertanian dan kehutanan terbaik di dunia.

Sementara itu, di urutan teratas daftar kampus terbaik dunia di bidang ini, masing-masing University of California, Davis, di Amerika Serikat, Wageningen University di Belanda, Cornell University di AS, University of Wisconsin-Madison di AS, dan Texas A&M University di AS.

Dalam melakukan pemeringkatan, QS World Ranking menggunakan indikator reputasi akademik, kualitas sumber daya manusia, jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, indeks H yang digunakan untuk mengukur produktivitas dan dampak dari sebuah karya ilmiah para peneliti dan sarjananya, serta kekuatan spesialisasi pada disiplin ilmunya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com