Kompas.com - 27/05/2013, 14:42 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com— Pantia Kerja Kurikulum 2013 Komisi X DPR diminta untuk memperjuangkan kurikulum baru yang segera diterapkan pada Juli nanti sebagai uji coba atau pilot studi.

Oleh karena itu, penerapan Kurikulum 2013 seharusnya tidak hanya sekolah-sekolah dengan akreditasi A.

Desakan tersebut dikemukan secara terpisah oleh Education Forum, Ikatan Guru Indonesia (IGI), Federasi Serikat Guru Seluruh Indonesia (FGSI), dan Koalisi Pendidikan, di Jakarta, Senin (27/5/2013).

Rencanaya, Senin malam ini Komisi X akan bertemu dengan Mendikbud Mohammad Nuh untuk membahas anggaran dan Kurikulum 2013.

Elin Driana, salah seorang koordinator Education Forum, mengatakan, Kurikulum 2013 seharusnya dilaksanakan sebagai pilot study terlebih dahulu.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harusnya menjangkau sekolah dengan berbagai tingkatan dan tersebar di berbagai pulau supaya perubahan kurikulum ini teruji meningkatkan mutu pendidikan. 

"Namun, harus dipastikan, sebagai pilot study tidak hanya dilaksanakan di sekolah-sekolah eks-RSBI atau berakreditasi A. Jika hanya untuk sekolah-sekolah bagus, bagaimana kita bisa menilai masalah-masalah dalam implementasinya?" kata Elin. 

Menurut Elin, sekolah-sekolah eks-RSBI memiliki karakteristik yang berbeda dengan sekolah-sekolah non-RSBI, apalagi yang di pedalaman.

"Bila Kemendikbud yakin Kurikulum 2013 bisa diterapkan di seluruh Indonesia, tentunya tidak perlu takut untuk melaksanakan pilot study di sekolah-sekolah yang belum mencapai standar pelayanan minimum sekalipun," para Elin. 

Jimmy Paat dari Koalisi Pendidikan mengatakan tujuan baik yang ingin dicapai dalam perubahan kurikulum hanya bisa dicapai apabila perubahan kurikulum direncanakan dengan matang, melibatkan stakeholders utama dalam pendidikan terutama guru, dan membuka diri terhadap masukan seluas-luasnya dari masyarakat, bukan dibuat dan dipaksakan dengan pendekatan kekuasaan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.