Kompas.com - 02/07/2013, 20:23 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBNJ


SAMARINDA, KOMPAS.com - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan, sejak masa kepemimpinannya dalam lima tahun terakhir, pihaknya telah menyalurkan beasiswa kepada 150.000 penerima baik pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen.

"Tiap tahun, rata-rata beasiswa yang disalurkan oleh Pemprov Kaltim sebanyak 30.000 penerima sehingga sejak 2009 hingga 2013 sudah mencapai sekitar 150.000 penerima beasiswa," ujar Awang Faroek di Samarinda, Selasa (2/7/2013).

Sedangkan nilai beasiswa yang diberikan bagi pelajar SD, SLTP, SLTA, D1, D2, D3, D4/S1, S2, hingga S3 itu, tiap tahun jumlahnya mencapai puluhan miliar dan terus meningkat setiap tahunnya.

Pada 2013 saja, nilai beasiswa yang dikucurkan melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang mengalami kenaikan sebanyak Rp 43 miliar ketimbang tahun sebelumnya, yakni dari Rp 106 miliar pada 2012 naik menjadi Rp 149 miliar pada 2013 baik untuk pelajar maupun mahasiswa.

Selain nilainya yang naik, jumlah penerimanya juga bertambah. Jika pada 2012 untuk 30.000 penerima, maka pada 2013 naik menjadi 31.116 penerima mulai tingkat pelajar, mahasiswa program diploma hingga mahasiswa program S3 atau doktor.

Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dengan Prestasi Gemilang) ini diberikan kepada warga Kaltim yang menempuh pendidikan di mana saja, baik di wilayah Kaltim, di luar Kaltim, bahkan hingga warga Kaltim yang menempuh pendidikan di luar negeri.

Instansi penyalur beasiswa mulai 2013 juga mengalami perubahan, yakni pada tahun sebelumnya terdapat tiga lembaga penyalur seperti Biro Sosial, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Disdik Kaltim, tetapi mulai 2013 hanya ada dua instansi yang menanganinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua instansi itu adalah Dinas Pendidikan Kaltim dan BKD Kaltim. Untuk beasiswa yang disalurkan Disdik Kaltim adalah mereka yang berstatus mahasiswa murni maupun mahasiswa non PNS, sementara mahasiswa yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka secara administrasi harus melalui BKD Kaltim.

Pemprov Kaltim juga menyiapkan dua beasiswa khusus, yakni beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa miskin, serta beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa di perbatasan negara, yakni untuk tiga kabupaten seperti Kutai Barat, Malinau, dan Kabupaten Nunukan.

Beasiswa khusus bagi warga miskin yang diberikan pada 2013 senilai Rp 3 miliar, sementara beasiswa khusus bagi warga yang bermukim di kawasan perbatasan senilai Rp 2,6 miliar.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.