Kompas.com - 11/07/2013, 14:14 WIB
Bagi Anda, para pelajar internasional, APU menyediakan beasiswa pengurangan biaya studi, terutama untuk calon mahasiswa asing dari Negara-negara berkembang seperti Indonesia. M Latief/KOMPAS.comBagi Anda, para pelajar internasional, APU menyediakan beasiswa pengurangan biaya studi, terutama untuk calon mahasiswa asing dari Negara-negara berkembang seperti Indonesia.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Mungkin telah banyak yang mengetahui, jika konsep lingkungan kampus internasional menjadi daya tarik Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Beppu, Jepang. Lebih dari 40 persen mahasiswa internasional di perguruan tinggi ini berasal dari 81 negara di dunia, sehingga menjadikan APU sebagai lingkungan kampus paling Internasional di Jepang.

Perkuliahan di Ritsumeikan APU diselenggarakan dalam dua bahasa; Inggris dan Jepang. Dengan demikian, pelajar asing atau internasional yang ingin kuliah di sini tidak diwajibkan memiliki kemampuan bahasa Jepang terlebih dahulu.

Lebih dari 95 persen lulusan Ritsumeikan APU mampu bersaing di bursa kerja secara global. Ini merupakan angka tingkat sukses yang sangat tinggi.

"Karena mahasiswa di sini tidak hanya disiapkan dari sisi kemampuan akademis semata. Beberapa faktor penting tidak luput dari perhatian sistem pendidikan di APU adalah soft skills para mahasiswanya, meliputi kemampuan komunikasi, saling pengertian (mutual understanding) dengan orang dari berbagai latar belakang budaya, kemampuan kerjasama (teamwork), kepribadian kuat dan mandiri, serta kecakapan memimpin atau leadership skill," ujar Dahlan Nariman, Vice-Dean of Admissions, Associate Professor, Education Development and Learning Support Center (EDLSC) kepada Kompas.com, Kamis (11/7/2013).  

M Latief/KOMPAS.com Untuk kegiatan berbau Indonesia, kampus ini bahkan tersohor dengan kegiatan tahunannya, yaitu Indonesia week. Ini merupakan kegiatan promosi budaya Indonesia, yang merupakan salah satu aktivitas untuk menempa soft skills mahasiswanya.
Tidak hanya sekedar teori di kelas. Secara langsung para mahasiswa juga bisa melakukan praktik dalam dinamika kehidupan kampus yang sangat internasional tadi. Untuk kegiatan berbau Indonesia, kampus ini bahkan tersohor dengan kegiatan tahunannya, yaitu Indonesia week. Ini merupakan kegiatan promosi budaya Indonesia, yang merupakan salah satu aktivitas untuk menempa soft skills mahasiswanya.

Memang, kuliah di Ritsumeikan APU mahal. Tetapi, bagi calon mahasiswa asing, APU menyediakan beasiswa pengurangan biaya studi, terutama untuk calon mahasiswa dari Negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Tertarik? Jika demikian, APU akan menyelenggarakan seminar dan sesi berbagi informasi pada:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Tanggal : Sabtu, 13 Juli, 2013
  • Waktu : Sesi I : Jam 11.00 - 12.00/Sesi II: Jam 14.00 - 15.00
  • Catatan: Diselenggarakan dalam bahasa Indonesia.
  • Tempat : APU Indonesia Information Center
  • Alamat : Summitmas Tower I-10th Floor, Jend. Sudirman Kav.61-62/JKT 12190/Tel.021-252-3708/3709, email: apu-ina@apu.ac.jp
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.