Mengintip Internasionalisasi Sastra China Binus University

Kompas.com - 14/07/2013, 13:12 WIB
Program Sastra China juga menjalin kerjasama dan melakukan pertemuan secara berkala dengan berbagai perwakilan dari dunia industri bertaraf internasional, seperti Bank of China dan Huawei untuk mengetahui kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri dari lulusan Sastra Cina. www.shutterstock.comProgram Sastra China juga menjalin kerjasama dan melakukan pertemuan secara berkala dengan berbagai perwakilan dari dunia industri bertaraf internasional, seperti Bank of China dan Huawei untuk mengetahui kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri dari lulusan Sastra Cina.
EditorLatief
KOMPAS.com - Sebagai salah satu program studi di Binus University, program Sastra China senantiasa berinovasi untuk mewujudkan visi "A world-class University in continuous pursuit of innovation and enterprise". Tergabung falam Fakultas Humaniora, Sastra China merupakan salah satu jurusan yang senantiasa menjadi roda penggerak dalam usaha pencapaian internasionalisasi kualitas pendidikan di Binus University.

Seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi dan menguatnya pengaruh politik China di dunia internasional, penguasaan bahasa Mandarin menjadi semakin penting agar generasi muda Indonesia dapat bersaing secara global. Untuk menjawab tantangan ini, Sastra Cina Binus University merasa perlu untuk selalu mengaktualisasi diri, baik secara akademik maupun non-akademik melalui berbagai penelitian, pelatihan dan pertukaran dosen dan pelajar.

Berbagai usaha untuk mengaktualisasi diri tersebut telah dlakukan di tingkat nasional dan internasional. Setiap tahun hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para dosen Sastra China dipublikasikan pada berbagai konferensi di tingkat nasional dan internasional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualiatas pendidikan dan memaksimalkan pencapaian kompetensi lulusan.

Selain itu, program Sastra China juga menjalin kerjasama dan melakukan pertemuan secara berkala dengan berbagai perwakilan dari dunia industri bertaraf internasional, seperti Bank of China dan Huawei untuk mengetahui kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri dari lulusan Sastra Cina.

Mahasiswa Sastra Cina juga memiliki kesempatan untuk melakukan study tour dan pertukaran ke berbagai rekan institusi di China dan Taiwan untuk membuka wawasan dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap bahasa dan budaya China. Jaringan kerja sama yang telah terjalin baik dengan partners institusi juga membuka kesempatan bagi lulusan Sastra China Binus University untuk mendapatkan beasiswa studi lanjut ke tingkat pasca-sarjana di bidang linguistik, pengajaran, kesusastraan dan bisnis.     

Baru-baru ini, usaha peningkatan kualitas akademik dan internasionalisasi jurusan Sastra China telah mendapat pengakuan dari negara Thailand. Pemerintah Thailand memberikan beasiswa kepada 10 orang mahasiswa unggulan mereka untuk datang dan belajar di Sastra Cina Binus University. (Tim Sastra China Binus University)

“Bergabunglah dengan komunitas kelas dunia: www.binus.ac.id”

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X