Gemilang Prestasi Sastra China Binus University

Kompas.com - 15/07/2013, 12:53 WIB
Para mahasiswa jurusan Sastra China Binus University pada Lomba Chinese Bridge 2013 DKI Jakarta. Juara 1 Lomba Hanyuqiao 2013 untuk DKI Jakarta ini diraih Fifi Winata, sedangkan Juara 2 Lomba Hanyuqiao 2013 untuk DKI Jakarta diraih Gavrila. http://chinese.binus.ac.idPara mahasiswa jurusan Sastra China Binus University pada Lomba Chinese Bridge 2013 DKI Jakarta. Juara 1 Lomba Hanyuqiao 2013 untuk DKI Jakarta ini diraih Fifi Winata, sedangkan Juara 2 Lomba Hanyuqiao 2013 untuk DKI Jakarta diraih Gavrila.
EditorLatief
KOMPAS.com - Untuk kompetensi akademis, jurusan Sastra China Binus University berhasil menoreh prestasi pertamanya pada 2003 sebagai juara 3 dalam ajang lomba nasional Chinese Bridge di Jakarta. Lomba Chinese Bridge merupakan lomba kemampuan berbahasa Mandarin dan penguasaan budaya China. Pioner ini menjadi teladan dan melahirkan tradisi kemenangan Sastra China dalam ajang lomba nasional maupun internasional di kemudian hari.

Pada tahun-tahun berikutnya, Sastra China Binus terus berhasil memperoleh peringkat dalam lomba tingkat nasional, seperti juara pertama dalam lomba cerdas-cermat yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia pada 2004. Pada ajang sama, Sastra China Binus juga keluar sebagai runner-up dalam lomba pidato Mandarin dan juara 1 lomba karaoke Mandarin.

Tak berhenti di situ, prestasi gemilang mereka masih terus berlanjut. Jurusan Sastra China Binus kembali meraih juara pertama dalam berbagai lomba tingkat nasional pada kurun waktu 2006-2009 dan berhasil keluar sebagai juara umum. Untuk lomba Mandarin tingkat nasional lainnya, Sastra China Binus juga tak kalah sigap, seperti NMC (National Mandarin Competition) yang diadakan oleh BNMC (Bina Nusantara Mandarin Club).

http://chinese.binus.ac.id Tak hanya terfokus pada bidang akademis, pada bidang non-akademis pun mahasiswa-mahasiswi Sastra China Binus terus berkembang dan bersaing dengan sehat. Beberapa prestasi gemilang ini antara lain mahasiswi grup tarian tradisonal China
Pada kompetisi tersebut, dalam setiap jenis lomba yang diikuti Sastra China berhasil memboyong kemenangan untuk kategori pidato, story-telling, maupun karaoke Mandarin. Kemenangan terakhir didapatkan adalah juara 1 untuk kategori karaoke Mandarin dan juara 2 untuk kategori story-telling pada National Mandarin Competition 2013 tersebut.

Selain itu, Sastra China Binus juga terus melanjutkan tradisi kemenangan dalam lomba Chinese Bridge sejak 2008 (Shierly). Saat itu, Sastra China Binus keluar sebagai pemenang lomba tingkat nasional dan mewakili Indonesia mengikuti Lomba Chinese Bridge tingkat Internasional di China.

Setahun kemudian, pada 2009, Sastra China keluar sebagai runner-up tingkat nasional (Yoan Godjali)  dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti visiting camp Chinese Bridge tingkat internasional di China. Bahkan, pada tahun berikutnya, piala kemenangan terus dikantongi oleh Sastra China Binus antara lain sebagai best performance (Dessy Anggraeni) dan juara 3 (Angela).

Pada 2011 lalu, Sastra China juga keluar sebagai pemenang Best Speaker (Jureynolds). Pada tahun 2012, prestasi lomba Chinese Bridge diawali dengan kemenangan sebagai juara 1 dan best speaker, dan best performance dalam seleksi tingkat provinsi. selain itu, mereka juga merebut juara 2 dalam lomba tingkat nasional dan berhak mengikuti visiting camp lomba Chinese Bridge internasional di China.

http://chinese.binus.ac.id Fifi Winata dan Emita dari jurusan Sastra China Binus University memenangkan National Mandarin Competition 2012.
Gemilang prestasi itu bahkan terus berlanjut hingga tahun ini. Prestasi tersebut didapatkan setelah jurusan Sastra China Binus keluar sebagai juara 1 dan juara 2 lomba Chinese Bridge tingkat provinsi. Dilanjutkan dengan perolehan juara 3 (Gavrila Setiawan) dan juara harapan (Fifi Winata) dalam lomba tingkat nasional.

Tahun ini, mahasiswi Sastra China Binus juga kembali mendapatkan kesempatan mengikuti visiting camp di kota Changsha, China. Prestasi lainnya di ini antara lain kemenangan mahasiswi Sastra China dalam lomba video performance Chinese Bridge internasional. Mahasiswi bernama Fifi Winata keluar sebagai salah satu pemenang setelah berhasil memperoleh 55.658 suara hasil pemungutan suara online. Maka, genaplah satu lagi perwakilan dari Sastra China Binus mendapatkan kesempatan mengikuti visiting camp lomba Chinese Bridge di China.

Bersaing sehat

Tak hanya terfokus pada bidang akademis, pada bidang non-akademis pun mahasiswa-mahasiswi Sastra China Binus terus berkembang dan bersaing dengan sehat. Beberapa prestasi gemilang ini antara lain mahasiswi grup tarian tradisonal China "Butterfly Dance Group" yang aktif berpentas di berbagai ajang dan pertunjukan. Selain itu, mahasiswi bernama Gavrila Setiawan juga berhasil menyelenggarakan pagelaran musik perdananya dengan konsep kolaborasi musik China dan Eropa di Goethe Institute Jakarta pada Juni 2013 lalu.

Kini, setelah 11 tahun berkarya, jurusan Sastra China Binus telah mencetak banyak alumni yang aktif berkonstribusi di masyarakat. Dengan apa yang telah dirintis dan dijalankan selama 11 tahun, Sastra China Binus terus giat mempertahankan prestasi yang ada dan berusaha untuk lebih baik lagi. Lebih dari itu, Sastra China Binus juga berkomitmen untuk terus berkarya, berinovasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia dengan mencetak lulusan berkualitas yang siap berkompetisi di kancah global dan membangun bangsa dan negara. (Tim Sastra China)

“Bergabunglah dengan komunitas kelas dunia: www.binus.ac.id”

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X