Sukses Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan yang Tepat

Kompas.com - 16/07/2013, 16:02 WIB
Kenali visi dan misi dari perguruan tinggi tersebut, fasilitas yang disediakan, kualitas dari pengajar/dosen, dan jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi tersebut. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan Anda untuk memilih perguruan tinggi dan jurusan yang ditawarkan. shutterstock.comKenali visi dan misi dari perguruan tinggi tersebut, fasilitas yang disediakan, kualitas dari pengajar/dosen, dan jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi tersebut. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan Anda untuk memilih perguruan tinggi dan jurusan yang ditawarkan.
EditorLatief
KOMPAS.com - Dewasa ini, untuk mendapatkan jaminan masa depan lebih baik, tidak cukup hanya lulus dan mengandalkan ijasah SMA atau jenjang sederajat lainnya. Survei dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan ke masyarakat sebagian besar mensyaratkan lulusan Strata-1 atau minimal Diploma 3 dengan bidang keahlian lebih spesifik.

Tentunya, hal ini mendorong masyarakat untuk memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi, baik perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Namun, menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang tepat bukanlah persoalan sepele.

Seringkali ketiadaan informasi dan ketidaktahuan akan minat atau bakat kerap menyebabkan masalah dan penyesalan di kemudian hari. Misalnya, perguruan tinggi pilihan ternyata kualitasnya tidak sesuai harapan, tidak dapat mengikuti materi kuliah dengan baik karena tidak tertarik di bidang pilihanya, serta tidak dapat menyelesaikan kuliah dengan baik ataupun diganjar drop out oleh perguruan tinggi tempat kuliah karena masa studi telah lewat atau indeks prestasi tidak mencapai standar yang ditetapkan. Karena itulah, pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan.

Berikut disajikan beberapa tips dalam menentukan tempat kuliah dan jurusan yang tepat agar sukses karir di kemudian hari dapat tercapai:

Kenali minat dan bakat
Setiap orang adalah unik. Ini berarti minat dan bakat juga tidak sama antara satu orang dengan lainnya. Jangan karena teman dekat memilih satu perguruan tinggi dan jurusan tertentu misalnya, Anda ikut-ikutan memilih tempat yang sama kalau ternyata minat dan bakatnya berbeda.

Sebaiknya, jangan memilih suatu bidang/jurusan kuliah tertentu kalau ternyata Anda tidak memiliki minat dan bakat di bidang tersebut. Intinya, sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat.

Mengembangkan minat dan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan ketertarikan yang kuat pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

Tentukan Diploma atau S-1
Bila anda ingin cepat bekerja atau berkarir dan  tidak ingin berlama-lama kuliah, pilihannya adalah jalur diploma. Jalur ini memberikan keuntungan siap terap di dunia kerja dalam waktu relatif singkat.

Namun, bila menyukai bidang applied technology dan juga bidang akuntansi dan keuangan, maka pilihan paling tepat adalah kuliah Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi. Demikian juga dengan bidang lain, perlu ditentukan jalur dan bidang yang sesuai dengan pemikiran yang matang.

Tentukan lokasi kuliah dan dana 
Penentuan lokasi kuliah juga harus menjadi perhatian. Tentukan lokasi kuliah di kota tempat tinggal atau ke luar kota. Lokasi tempat perguruan tinggi berada sebaiknya yang mudah diakses, tersedia sarana transportasi yang memadai dan bagi yang di luar kota juga tersedia indekos yang baik.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X